oleh

Kubu Zaiful-Sudibyo Tuduh Dawam-Azwar Lakukan Politik Uang TSM

Haluanlampung – Kubu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari-Sudibyo mengaku mempunyai banyak bukti pelaggaran politik uang
yang dilakukan kubu Dawam Rahardjo-Azwar Hadi.

“Untuk itu kami akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK),” tegas Kuasa Hukum Zaiful Bokhari-Sudibyo, Benny Purbaya, Rabu (16/12).

Benny tegas mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan banyak bukti yang telah dilaporkan ke panitia pengawas pemilu di tingkat kecamatan.

“Setidaknya terjadi di 17 dari 24 kecamatan di Lampung Timur. Politik uang itu dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan massif (TSM),” tegasnya.

Ia meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menindaklanjuti sampai ke penegak hukum terpadu (gakkumdu) sebagai bentuk pelanggaran dan pidana pemilu.

Dengan dugaan money politic itu, kata dia, kliennya sangat dirugikan karena banyak suara masyarakat yang terbeli oleh kubu Dawam Rahardjo-Azwar Hadi.

“Bila mereka dinyatakan terbukti jalankan money politics, maka mereka (Dawam-Azwar) bisa didiskualifikasi dari kontestasi pemilihan kepala daerah,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Dawam Rahardjo mempersilakan kepada pihak yang merasa tidak puas dengan hasil hitung suara untuk menggugat sesuai dengan prosedur.

“Itu semua ada ranahnya, jalurnya. Kalau mau gugat, ya, monggo saja. Itu ‘kan hak pribadi orang, artinya kalau menerima, ya, bagus, kalaupun enggak dan mau mengguggat, ya, kami enggak larang,” kata Dawam.

“Nanti kita buktikan saja di gakkumdu,” katanya.(*/iwa)

Tulis Komentar

News Feed