oleh

Tambang Emas Ilegal di Tubaba Diduga Tak Kantongi Izin

PANARAGAN – Kali pertama Kabupaten Tulang Bawang Barat di hebohkan adanya penambangan emas ilegal. Pengolahan emas ilegal alias bodong di Tiyuh (desa) Candra kencana RK 06 RW 34 Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung diduga tak mengantongi surat izin.

Kegiatan penambangan yang sudah berlangsung Tujuh bulan lamanya baru diketahui oleh pihak aparat pemerintah setempat atas laporan warga terkait bahaya limbah pengolahan emas di desa itu, Senin (28/20/2020).

Di tempat lain, mendengar info tersebut Kapolres AKBP Hadi Saipul Rahman S.I.K langsung menugaskan TIM Satreskrim Polres Tulang Bawang Barat untuk segera mengecek lokasi pengolahan emas Ilegal tersebut .

Saat dilakukan penggerebekan di lokasi penambangan ditemukan beberapa barang bukti diantaranya, tanah dalam karung, air raksa, saringan limbah , tawas, gerabah, batu dalam plastik serta alat bukti lain sebagai pendukung pengembangan lebih lanjut terkait limbah.

Baca Juga :  Polres Tanggamus Akan Berusaha Ungkap Kasus Yang Belum Terungkap

Sementara itu,hasil penelusuran diketahui Faidulloh selaku pemilik usaha , berdalih bahwa dalam pengolahan emas ilegal tersebut sisa limbah pembuangan tidak berbahaya untuk masyarakat setempat. Hanya saja saya tidak memiliki izin tambang karena saya pikir saya sedang uci coba kalau saja di tempat ini benar ada emasnya. Dalihnya.

Ditempat terpisah kepala Tiyuh (desa) setempat Saipulloh, menyebutkan tidak tahu tentang adanya penambangan ilegal yang dilakukan oleh warganya, dikutip hasil keterangan komfirmasi wartawan pelitaekpres.com melalui via telepon.

” Saya tidak tahu mas, baru saja tahu dari sampean kalau ada aktivitas penambangan emas yang ada di tiyuh saya ini. Kalaupun benar itu kabar baik bisa menjadi aset tiyuh dan kabupaten kita -red tinggal pemerintah kita membuat legalitasnya”. Ungkapnya. (jaz/edsn)

Tulis Komentar

News Feed