oleh

Pekon Tanjung Rusia Pringsewu Dilanda Banjir Bandang Besar

Pringsewu – Pekon Tanjung Rusia, Kecamatan Pardasuka merupakan salah satu pekon yang terendam banjir bandang. Banjir terjadi pada Selasa ( 05/01/21) pukul 18.30 WIB. Hujan deras di pegunungan menjadi penyebab meluap nya air sungai way mincang.

Sahroni (50) warga Dusun Tanjung Rusia 1 RT 2 Pekon Tanjung Rusia mengatakan, berberapa saat sebelum banjir tiba di pekon tersebut sedang hujan deras di sertai angin kencang.

“Sehabis Solat magrib, saya keluar karna mendengar gemuruh dan saya melihat air datang tiba-tiba dan langsung masuk pemukiman termasuk balai pekon. Selain balai pekon 4 rumah di bagian selatan balai pekon ikut terendam termasuk rumah saya, dan sisanyan di bagian utara balai pekon ini cukup bnyak karena datarannya cukup rendah, di bagian sana airnya juga tinggi ±1,5 meter,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Terkait Pamobvit, Bupati Dendi Ramadhona Sambut Baik Program Patroli VIP Prioritas

Akibat banjir tersebut rumah Sahroni yg berdampingan dengan balai pekon terendam dan barang-barang miliknya basah semua.

“Karena banjir ini anak istri saya ungsikan di rumah kerabat saya yang tidak terkena banjir, dan saya bergadang untuk menjaga barang-barang saya yang terkena air banjir,” Tutup Sahroni.

Terpisah, Camat Pardasuka Titik Pujiastuti di dampingi Kepala BPBD Edi Sumber Pamungkas menyampaikan dari 13 Pekon yang ada di Kecamatan Pardasuka terdapat 6 pekon yang terkena bencana alam banjir bandang dan tanah longsor.

“5 pekon yang terdampak banjir yakni Pardasuka, Tanjung Rusia, Tanjung Rusia Timur, Sukanegri dan Kedaung dengan tinggi air mencapai 1 hingga 2 meter. sedangkan pekon yang terkena tanah longsor yakni Pekon Selapan,” Terang Titik, Rabu (06/01/21).

Baca Juga :  Bupati Tanggamus Hadiri Pendistribusian Zakat Infaq Sedekah Baznas

Kemudian, jumlah rumah yang rusak, camat Pardasuka belum bisa memastikan,namun di perkirakan jumlah rumah terendam banjir di lima pekon tersebut sekitar 250 rumah. Selain rumah beberapa fasilitas lainnya seperti Kantor Pekon, Kantor Camat serta Sekolah ikut terendam banjir.

“Sementata, di Pekon Selapan terdapat 2 rumah yang terdampak tanah longsor, saat ini kedua rumah tersebut sedang dalam proses perbaikan oleh warga setempat,” Tambahnya.

Saat ini warga setempat di bantu dinas terkain seperti BPBD, Dinsos, Tagana dan organisasi sosial lainnya membantu membersihkan rumah, kantor serta jalan yang terkena lumpur sisa banjir bandang.

“Selain membersihkan sisa lumpur ini, secepatnya kami, masyarakat yang akan dibantu Dinas PU-PR untuk membuat tanggul sementara di pinggir sungai, menggunakan karung yg berisi batu guna mencegah luapan air,” Paparnya.

Baca Juga :  Cegah Penyimpangan Pelaksanaan Tugas Sie Propam, Polres Pringsewu Laksanakan Monwas

Sementata, Kakon Tanjung Rusia Wildan menambahkan, akibat banjir ini barang inventaris? Milik Pekon Tanjung Rusia rusak semua. Ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Barang-barang yang rusak seperti Laptop, PC, CPU meja, kursi serta arsip-arsip kantor rusak semua tidak ada yg tersisa,” Jelas Wildan. (Her/Ndi)

Tulis Komentar

News Feed