oleh

Dishut Provinsi Lampung Gelar Ngopi Hutan

-KOTA-26 views

Bandarlampung – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Lampung menggelar Ngopi Pintar tentang Hutan (Ngopi Hutan), dengan mengundang para Akademisi, pihak Non-Government Organization (NGO), UPT Pusat, di Aula Taman Hutan Raya (Tahura), Kamis (8/1/2021).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yayan Ruchyansyah mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini adalah awal dari sebuah kegiatan yang saya berharap periodik, setiap bulan dilakukan, jadi ini judulnya adalah Ngopi Hutan, Ngobrol pintar tentang hutan dan kehutanan,” ungkapnya pada awak media usai acara.

Ia memaparkan bahwa hutan tidak hanya terbatas oleh sektor kehutanan saja, ada banyak aspek yang bisa dihasilkan dari sektor lain, termasuk aspek sosial, maka pihaknya mengundang para akademisi dan pihak NGO untuk berdiskusi dan dapat berkolaborasi.

Baca Juga :  Alimakor Soal 20 Paket Proyek PSDA Lampung 

“Yang ingin kami peroleh dari kolaborasi ini adalah menampilkan hutan dari sisi positif, karena banyak sekali hutan ini sisi positifnya, selain yang diketahui sebagai pencegah banjir, sebagai penyedia oksigen, sebagai penyedia air, dan lain-lain, tapi sesungguhnya dari nilai produksi juga ada banyak yg dihasilkan tetapi semuanya blm ternilai sebagai hasil kehutanan , saat ini hasil kehutanan yang misalnya tercantum dalam angka saja itu baru sisi kayu, sementara hasil lain seperti lada, memang komoditinya bukan dari hasil kehutanan tapi dihasilkan dari dalam kawasan, itu harus kami ketahui secara detil berapa jumlahnya, bagaimana efeknya, karena kami kehutanan punya keterbatasan,” paparnya.

Yayan Ruchyansyah melanjutkan bahwa “Kita bisa menampilkan kehutanan dari sektor produktifnya ketuhatanan itu seperti apa daei segi angka-angka, jadi ada kolaborasi antar sektor yang bertujuan untuk menampilkan itu,” tandasnya. (Sus)

Tulis Komentar

News Feed