oleh

Akademisi: Tidak Masalah Putusan Diskualifikasi Pasca Penetapan Hasil Pilkada

Haluanlampung – Akademisi dari Universitas Andalas Khairul Fahmi mengatakan Badan Pengawas Pemilu provinsi dapat  mendiskualifikasi paslon setelah penetapan hasil Pilkada 2020.

“Sesuai Perbawaslu 9 Tahun 2020, Bawaslu boleh mengeluarkan rekomendasi setelah penetapan hasil Pilkada.

Menurut dia rekomendasi Bawaslu tidak serta merta bisa mendiskualifikasi atau membatalkan kemenangan pasangan calon terkait.

“Dalam putusan Bawaslu Lampung tidak ada perintah untuk mencabut SK (surat keputusan) itu, tidak ada perintah mencabut SK penetapan. Yang ada mencabut SK penetapan pasangan calon,” ucap dia.

Sebelumnya Bawaslu Lampung telah memutuskan membatalkan pasangan calon 03 dalam sidang penanganan pelanggaran administrasi TSM, Rabu (6/1/2021).

Dalam sidang yang juga disiarkan secara langsung di akun resmi Facebook Humas Bawaslu Lampung ini, majelis pemeriksa yakni Komisioner Bawaslu Lampung menyatakan, paslon nomor urut 03, Eva Dwiana – Dedy Amarullah itu terbukti melakukan pelanggaran TSM.

Baca Juga :  MA Jalani WFH, Gugatan Eva-Deddy Belum Teregistrasi

“Menyatakan, terlapor terbukti secara sah dan bersalah melakuan tindakan terstruktur, sistematis, dan masif dengan perbuatan menjanjikan atau memberikan uang untuk mempengaruhi penyelanggara pemilihan dan pemilih,” kata Ketua Majelis Pemeriksa, Fatikhatul Khoiriyah.(IWA)

Tulis Komentar

News Feed