oleh

Duh…Duh…Duh… Nunik Besok Disuntik, Tapi Sudahkah Memenuhi Syarat?

Haluanlampung – Vaksinasi perdana COVID-19 di Lampung akan dilakukan Kamis (14/1).

Semula, orang pertamanya adalah Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang sejak awal sangat siap dan bersemangat. Tapi Arinal tak memenuhi syarat usia di bawah 60 tahun. Usia Arinal 64 tahun.

Akhirnya, kata Arinal, orang pertama menjalani vaksinasi adalah  Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik).

“Besok kita vaksin. Orang pertamanya Bu Wagub lalu Sekda dan pejabat lainya,” kata Arinal saat kunjungan di SMKN 2 Metro, Rabu, (13/01).

Sayangnya Arinal tak menjelaskan, apakah Wagub bersedia dan sudah siap serta memenuhi syarat seperti  rekomendasi PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Berdasarkan rekomendasi itu, besok Wagub harus menjalani pemeriksaan sebelum jarum suntik berisi vaksin Sinovak masuk ke tubuhnya.

Baca Juga :  Santai Saja! Jangan Menjadi Gila Gegara Pilkada

Chusnunia tidak boleh demam. Suhu badannya tidak boleh lebih dari 37,5 derajat Celciu. Tekanan darahnya juga tidak boleh di atas 140/90.

Publik juga belum tahu, apakah Nunik sedang hamil atau tidak, atau menderita gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, reumatik, sakit saluran pencernaan kronis.

Jika ada, maka Nunik terlarang untuk divaksin.

Selain itu, publik juga belum tahu apakah Nunik pernah menderita penyakit diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5% dan penyakit paru.

Jika pernah maka vaksinasi tidak diberikan.

(iwa)

Tulis Komentar

News Feed