oleh

BBWS Lakukan Rapat Penanggulangan Bencana

Lampung Utara – Badan Besar Wilayah Mesuji Sekamung (BBWS) lakukan rapat penanggulangan bencana terhadap bendungan Way Rarem Aula Siger Kantor Pemkab Lampung Utara, Senin (18/01/2021).

Di ketahui bahwa bendungan Way Rarem menggenangi daerah seluas 106,1 ha dan menampung air dari catchment area seluas 385,0 km2. Dan apabila terjadinya kejebolan, maka akan merendam dua Kabupaten, yaitu Lampung Utara dan Lampung Tengah. Volume tampungan efektif waduk adalah sekitar 60 juta m3 dengan kedalaman waduk kira-kira 32,0 m.

Sudarto,ST,MT., selaku Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Lampung menjelaskan bahwa waspada terhadap bendungan Way Rarem dapat di lihat dari kemungkinan adanya retakan-retakan kecil ataupun rembesan. Tidak hanya itu apabila debit air bertambah dan dapat memenuhi bendungan, maka akan terlihaat keruh. Dimana dapat membawa material-material berupa lumpur dan lainnya.

Baca Juga :  Silaturahmi AWPI Metro ke Rumdis Walikota dan Wakil Walikota Metro

Di jelaskan juga bahwa setiap bendungan atau waduk, harus memiliki tindakan darurat untuk kewaspadaan terhadap bencana alam. “Kita lakukan rapat atau simulasi ini sebagai bentuk untuk kewaspadaan terhadap bendungan yang ada di Lampung khususnya Way Rarem yang ada di Lampung Utara,”

“Kalau air keruh dan besar bisa bawa material seperti lumpur dan lainnya itu sangat berbahaya karena dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,”kata Sudarto.

Namun apabila air masih terlihat jernih, maka bendungan Way Rarem masih dapat dikatakan aman dari perembesan ataupun bahaya besar jebolnya bendungan tersebut. “Kalau airnya masih jernih tidak keruh dan volume air masih dalam keadaan standar atau aman maka kemungkinan akan jauh dari bahaya jebol atau rembesan,”pungkasnya (*)

Tulis Komentar

News Feed