oleh

Bahas Vaksin Covid-19, Adipati Ikuti Rakor Bupati/Walikota se Lampung

WAYKANAN – Bupati Waykanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri rapat koordinasi (Rakor) bupati/walikota se-Provinsi Lampung di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur Lampung, Selasa (19/1) yang dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Dikutip dari www.waykanankab.go.id, pada rapat tersebut membahas mengenai intruksi presiden untuk program vaksinasi Covid-19, yaitu Vaksin Covid-19 diberikan secara gratis dan masyarakat tidak dikenakan biaya sama sekali, seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah agar memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021, memprioritaskan dan merelokasi anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis, Presiden menjadi yang pertama mendapat vaksin Covid-19 dengan tujuan memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman serta meminta masyarakat untuk teus menjalankan disiplin 3M dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Dalam intruksi Presiden tersebut juga dibahas mengenai Pentahapan Kelompok Prioritas Penerima Vaksinasi, dimana wave I Periode Vaksinasi Januari 2021 sampai April 2021 disasarkan kepada Petugass Kesehatan dengan vaksinasi dilakukan untuk tenaga kesehatan dan lembaga penunjang di fasyankes tersebar di 34 Provinsi sebanyak 1,3 Juta serta disasarkan kepada Petugas Publik sebanyak 17,4 Juta. Sementara pada wave II Periode Vaksinasi April 2021 sampai Maret 2022 disasarkan kepada masyarakat rentan, masyarakat di daerah dengan resiko penularan tinggi sebanyak 63,9 Juta serta masyarakat lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin sebanyak 77,4 Juta.

Baca Juga :  Anggota Damkar Regu D Waykanan Terima Penghargaan

Dengan catatan vaksinasi dilakukan pada tahap awal untuk tenaga kesehatan dan dilanjutkan dengan masyarakat usia 18-59 tahun. Untuk usia 60 tahun keatas akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin untuk kelompok usia tersebut (mis. tertuang EUA/data hasil uji klinis tahap 3) serta vaksinasi dapat dilakukan juga terhadap komorbid tertentu (sesuai rekomendasi ahli).

Untuk pencanangan Kick Off Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2021 di RSUAM dengan jumlah Perwakilan yang divaksinasi dosis pertama unsur Pemerintah Daerah, unsur TNI, unsur Polri, unsur DPRD, unsur BPOM, unsur Perhimpunan Agama (MUI, Katholik, Kristen, Budha, Hindu) serta unsur Perguruan Tinggi.

Kesiapan vaksinasi Lampung, target sasaran riil pendataan sebesar 44.999 tenaga kesehatan (Data Kementerian Kesehatan : 35.829), jumlah vaksin diterima Lampung (4 Januari 2021) sebanyak 40.520 single dosis. Ada kekurangan target sasaran tenaga kesehatan dan vaksin sebensar 4.479 orang atau 4.479 dosis. Selanjutnya, akan tiba vaksin tahap 2 sebanyak 31.560 dosis pada tanggal 20-21 Januari 2021. Persiapan Puskesmas dan RS sebagai pusat layanan vaksinasi, 311 Puskesmas dan 25 RS telah terinput di Aplilkasi P-Care sebagai pemberi pelayanan vaksinasi. Untuk Jumlah Tenaga paltih Vaksinator yang dilatih sebanyak 25 TOT, dengan rencana palatihan vaksinator Puskesmas (@5 orang per Puskesmas) 23 akt @500 orang mulai tanggal 11-27 Januari 2021 secara daring, dimana sampai saat ini telah dilatih 1.000 Nakes dan sisanya sedang proses. (Yoni/JJ)

Tulis Komentar

News Feed