oleh

Penetapan 4 Paslon Terpilih Tak Bersengketa Tunggu BRPK

Haluanlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menetapkan empat paslonkada terpilih yang tak ada sengketa pilkada, setelah KPU menerima salinan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK).

Empat daerah tersebut yakni Metro, Lampung Timur, Way Kanan, dan Pesawaran.

Merujuk informasi di Mahkamah Konstitusi, pengumuman BRPK mulai tanggal 18 sampai 19 Januari 2021.

Menurut Komisioner KPU Lampung M. Tio Aliansyah, setelah KPU RI menerima BRPK, maka KPUD dapat melaksanakan penetapan paslon terpilih.

“Paling lama lima hari setelah KPU menerima BRPK,” katanya, Selasa (19/01).

Pelantikan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mulai mempersiapkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wakil Wali Kota masa jabatan tahun 2021-2024.

Baca Juga :  Sungai Kaliawi: Buawi Tertangkap, Buiwo Masih Diburu

“Persiapannya standar saja tidak ada sesuatu yang berbeda,” kata Fahrizal usai paripurna di DPRD Lampung, Senin, 18 Januari 2021.

Untuk paslon kepala daerah yang masih berproses hukum di MK dan MA, harus menunggu keputusan final dari lembaga terkait.

“Kalau sampai akhir masa jabatan belum ada keputusan yang final, maka Pemprov akan meminta arahan dari Kemendagri terkait pengisian penjabat sementara,” katanya.

Data dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menginformasikan, bahwa delapan kepala daerah di Lampung akan segera mengakhiri masa jabatannya pada 17 Februari 2021.

Yaitu: Bandarlampung, Metro, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Way Kanan, Pesisir Barat dan Pesawaran. habis pada 17 Februari 2021. (IWA)

Baca Juga :  Sidang Perkara Suap Terdakwa Mustafa, Mudahnya Saksi Nunik Membantah!

 

Tulis Komentar

News Feed