oleh

Anggaran DD Pekon Pamenang Tahun 2019 Diduga Fiktif

Pringsewu – Munculnya mata anggaran pemeliharaan pada LPJ (laporan pertanggung jawaban ) di anggaran dana desa pada sistem keuangan desa (siskeudes) di Pekon Pamenang kecamatan Pagelaran di pertanyakan .

Pasalnya anggaran pemeliharaan sarana prasarana pada DD ,tidak ada /di pertanyakan menurut keterangan auditor lrban l , sebagai auditor lrban l di wilayah kecamatan pagelaran , Ambarawa dan pardasuka , menurut Eko Sulistio di dampingi lrban l dwirman saat di kofirmasi , terkait munculnya anggaran kegiatan pemeliharaan pada LPJ ,di siskeudes pekon Pamenang ,dirinya merasa kaget ,sepengetahuannya tidak ada anggaran pemeliharaan , hal ini baru di ketahui nya setelah ada laporan dari media .

“Setahu saya gak ada, kalau angaran kegiatan pemeliharaan dari dana desa,apa lagi sampai muncul di LPJ di sistem siskudes,” saya juga baru tau, ukap Eko pada haluanlampung.com , Rabu (20/1/2020).

Sebagai auditor lanjut Eko , yang membawahi wilayah lrban l ,dalam pemeriksaan reguler ,pihak kami hanya memeriksa sebagian kecil kegiatan anggaran dari dana desa,itupun hanya tiga sampai empat sampel ,yang kami periksa .

Baca Juga :  Realisasi Kegiatan P2L Program GPP Kabupaten Pringsewu Diduga Bermasalah

” kami pada saat pemeriksaan reguler ,tim auditor hanya tiga kegiatan anggaran yang dapat kami periksa sebagai sampel” selebihnya kami tidak tau, kalau di pekon mengangarkan anggaran pemeliharaan.

Artinya anggaran yang kami audit anggaran berisiko tinggi ,anggaran kegiatan yang besar saja, kalau ada anggaran seperti ini perlu kami pelajari lagi ,kata Eko

Lanjut Eko ,Di singgung terkait adanya beberapa aitem anggaran kegiatan pemeliharaan yang diduga fiktif di pekon pemenang Eko mengaku , kami (tim auditor ) akan pelajari terkait hal itu .

Perlu di ketahui ,dari data siskeudes anggaran dana desa pekon pemenang tahun 2019 berjumlah ,Rp 1.087.332.000 ,dari beberapa aitem kegiatan ,diduga tidak dilaksanakan (fiktif).

Dari aitem kegiatan ,yang patut diduga tidak direalisasikan di tahun 2019 bersumber dana desa di antaranya ,

Baca Juga :  Polres Pringsewu Dirikan Dapur Umum bagi Masyarakat Terdampak Angin Puting Beliung

Untuk anggaran dana pemeliharaan embung didusun satu,sebesar Rp 20,JT ,anggaran kapasitas tanaman pagan , untuk (alat pruduksi/pengelolaan /penggilingan )sebesar 54.706.000 ,pemeliharaan sanitasi pemukiman, sebesar 10.juta dan dan juga pemeliharaan pasar desa ,sebesar 5juta.

Untuk ke empat kegiatan tersebut di pekon pamenag patut diduga beraromakan kurupsi /tidak dilaksanakan (fiktif)

Kepala pekon, Aminudin saat di kofirmasi oleh tim haluanlampung.com , mengatakan Untuk anggaran dana pemiliharaan embung sekitar Rp 20. jt itu ,memang kami anggarkan, ditahun 2019. karena embung tersebut ternyata bukan milik pekon, maka kelit amin , dana tersebut dialihkan untuk Sidimen (pengakatan tanah lumpur di jaringan irigasi) di wilayah embung.

“Memang benar anggaran dana tersebut kami cairkan,setelah kami tau embung itu bukan milik pekon ,kami alihkan ke disedimen ,” ,untuk panjangnya kami lupa ,kelitnya saat di kofirmasi di balai pekon, Rabu (13/1/2020).

Baca Juga :  72 CPNS Pemkab Ikuti Latsar

Selain itu ,saat media ini pempertayakan ada beberapa aitem kegiatan di tahun 2019 ,seperti anggaran peningkatan kapasitan tanaman pagan,pemeliharaan sanitasi pemukiman , pemeliharaan pasar desa ,terkait realisasi anggaran tersebut, Aminudin ,mengaku bahwa ,kegiatan ditahun tersebut tidak ada ,alias tidak di realisasikan .

“Setahu saya ,tidak ada anggaran dari beberapa aitem kegiatan tersebut” ujarnya .

Lanjut Aminudin,Karena embung ternyata bukan milik pekon, maka dana tersebut dialihkan ke Sidimen (Pengangkatan Tanah Lumpur Irigasi), untuk berapa panjang irigasinya saya lupa, tapi sudah beres semua, ungkapnya.

Selain itu,Sekretaris pekon, Mu’tadin (43) pemenang ,saat media ini,memintak menunjukan titik lokasi kegiatan disemen (pengakatan lumpur jaringan irigasi di dusun satu , dari peralihan anggaran pemeliharaan embung,terkesan ogah ogahan, tutupnya. (Her)

Tulis Komentar

News Feed