oleh

Pemkab Pesawaran Terima 2640 Vaksin Sinovac

PESAWARAN – Tahap pertama pendistribusian vaksin, pemarintah kabupaten pesawaran menerima sebanyak 2640 dosis vaksin. Penyerahan vaksin tersebut diserahkan lansung oleh Kepala Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Aries Aviantono, kamis (21/1) di Dinas Kesehatan Kabupaten setempat.

Saat di wawancara’i Aries Aviantono mengatakan, pada pengiriman tahap pertama vaksin ini di Kabupaten Pesawaran sebanyak 2640, ADS 0,5 ml sebanyak 2640, safety box sebanyak 52 buah dan alkohol swab sebanyak 2700.

“Untuk pengiriman vaksin ini ada beberapa tahap pendistribusiannya, sedangkan hari ini tahap pertama kita melakuoan pengiriman. Tahap pertama ini dikhususkan untuk tenaga kesehatan dan pelayanan publik, seperti TNI Polri,” ujarnya.

Aries Aviantono juga menjelaskan, mengenai masa berlaku vaksin, kalau didalam frezer bisa bertahan sampai dua tahun lamanya, dengan ketentuan suhu mulai dari 2 sampai 8 derajat celsius.

Baca Juga :  Dispar Pesawaran akan Bangun Hotel Kelas Dunia dekat Pantai Mutun

“Kalau didalam box seperti ini, bertahan selama 24 jam, maka dari itu tadi setelah diturunkan dari mobil, kami meminta agar Dinkes Pesawaran, langsung memindahkan vaksin ini ke lemari pendingin yang telah disiapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Yasmin, mengatakan, ditahap pertama vaksinasi dilakukan kepada Nakes yang sudah terdata di kementerian kesehatan sebanyak 1296 nakes, ditambah 10 dari Forkopimda.

“Kalau untuk waktu penyuntikannya, kita akan melakukan rapat terlebih dahulu, karena rencananya ini akan dilakukan serentak di puskesmas yang ada di Kabupaten Pesawaran,” ujar dia.

Sedangkan untuk gudang penyimpanan faksin yang sudah disediakan telah memenuhi standar, kemudian beberapa waktu lalu juga sudah melakukan pengecekan kesiapan puskesmas dalam menerima vaksin dan ruangan penyimpanannya.

Baca Juga :  Kopi dan Gula Aren Rantau Temiang, Way Kanan Tembus Pasar Luar Provinsi Lampung

“Intinya kita sudah siap semua, baik itu tentang kelistrikannya, kemudian tempat penyimpanan dan vaksinatornya juga sudah siap, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja,” tutupnya. (Mus)

Tulis Komentar

News Feed