oleh

Wagub: Keluarga Lampung harus tetap optimis selama Pandemi Covid-19

-KOTA-10 views

Bandarlampung – Setiap keluarga di Propinsi Lampung harus selalu berfikir positif, meningkatkan empati sosial, dan berusaha menemukan berkah dalam semua sisi hidupnya agar dapat bersikap optimis, lebih sehat secara fisik dan mental selama pandemi covid-19.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, M.Kn., Ph.D yang tampil sebagai Keynote Speaker dalam kegiatan seminar HIMPSI. Dalam kesempatan seminar kali ini, Mbak Nunik, sapaan akrab beliau, menjelaskan tentang pentingnya kesehatan mental di masa pandemi ini.

Mbak Nunik juga mengapresiasi akan hadirnya HIMPSI Wilayah Lampung yang sudah banyak berkontribusi dalam memberikan layanan psikologi kepada masyarakat Lampung, dengan berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan selama empat tahun kepengurusan. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, HIMPSI sebagai organisasi yang menaungi para psikolog serta ilmuwan psikologi, dapat memberikan layanan dukungan psikososial bagi masyarakat.

Bu Wagub menyampaikan rasa terimakasih atas peran serta HIMPSI Wilayah Lampung selama ini bagi warga masyarakat Lampung serta mengingatkan perlunya kerjasama dari berbagai pihak untuk lebih meningkatkan peran serta HIMPSI ke depannya.

Baca Juga :  Pemprov Lampung Angkat Bicara Terkait TPP ASN Tahun 2021

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Lampung telah merampungkan gelaran Musyawarah Wilayah I yang bertempat di Hotel Whizzprime Bandar Lampung pada hari Minggu (24/1).

Gelaran Musywil tersebut menandai berakhirnya kepengurusan HIMPSI Wilayah Lampung Periode Tahun 2016-2020 yang diketuai oleh Dra. Renyep Proborini, M.Ed., Psikolog; dan dimulainya kepengurusan baru Periode Tahun 2021-2025 dengan terpilihnya Shinta Mayasari, S.Psi, M.Psi sebagai Ketua HIMPSI Wilayah Lampung yang baru.

HIMPSI Wilayah Lampung yang merupakan organisasi profesi untuk para Psikolog dan Ilmuwan Psikologi di Propinsi Lampung ini mulai terbentuk kepengurusan sejak Tahun 2016 lalu. Selama kurang lebih empat tahun terakhir, HIMPSI Wilayah Lampung telah banyak memberikan kontribusi positif dalam bidang pelayanan Psikologi bagi masyarakat Lampung.

Baca Juga :  Skenario Arinal: Pelantikan Kada dari Virtual Jadi Tatap Muka

Fokus dan keperdulian HIMPSI Wilayah Lampung dalam bidang psikologi terwujud dalam berbagai kegiatan, seperti pemberian psikoedukasi kepada masyarakat umum, berbagai kegiatan yang mengasah ketrampilan dan kompetensi para ilmuwan psikologi dan Psikolog, pelayanan dukungan psikososial kepada masyarakat, terutama pada satu tahun terakhir masa pandemi Covid-19. HIMPSI Wilayah Lampung turut ambil bagian dalam pelayanan sehat jiwa (Sejiwa) bagi masyarakat melalui TelePFA Sejiwa (kontak telepon 119-ext 8) dibawah komando Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Pada akhir penutupan gelaran Musywil, Ketua baru terpilih HIMPSI Wilayah Lampung menyampaikan harapan dan tujuan HIMPSI di masa yang akan datang. HIMPSI Wilayah Lampung akan terus meningkatkan layanan psikologi bagi kesehatan mental masyarakat Lampung ditengah kondisi pandemi, bersinergi dengan berbagai pihak, dan terus mendukung program-program pemerintah daerah Lampung dalam penanganan Covid-19 melalui program 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) serta turut mensukseskan program vaksinasi covid-19.

Baca Juga :  Mantan Gubernur Lampung Dibidik Partai Demokrat, Ayo Ridho...! Go go Jakarta

Gelaran Musyawarah Wilayah HIMPSI Lampung diawali dengan diadakannya seminar ilmiah psikologi pada Sabtu (23/1). Kegiatan seminar ilmiah ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi zoom meeting. Kegiatan seminar terbagi menjadi dua sesi, pada pagi dan siang hari.

Seminar ini menghadirkan 5 orang pemateri dari lima perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Psikologi, diantaranya UIN Raden Intan Lampung, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Lampung, Universitas Malahayati, dan Universitas Aisyah Pringsewu.

Kelima pembicara dari lima Perguruan Tinggi masing-masing memaparkan tema yang berkaitan dengan tema kesehatan mental keluarga di masa Pandemi serta tema adaptif dan produktif di masa pandemi. (Iwa)

Tulis Komentar

News Feed