oleh

Bupati Mesuji Tak Harus di Vaksin, Ini Penjelasan Medisnya!

-DAERAH, MESUJI-174 views

Mesuji – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten mesuji Zanuar fitrian menegaskan bahwa Bupati Mesuji tidak termasuk dalam daftar orang yang harus divaksin, hal tersebut lantaran faktor usia.

” Pak Bupati tidak divaksin karena faktor usia, sepertihalnya saya juga karena usia kami diatas 59 Tahun, ” ungkapnya.

Tak hanya yang memiliki 60 tahun, vaksin sinovac juga tidak boleh digunakan kepada orang dengan kreteria tertentu, sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan kabupaten Mesuji Suyono SKM MKES.

“Ada banyak kreteria yang tidak boleh menerima vasin tersebut seperti, memiliki riwayat konfirmasi Covid-19, wanita hamil dan menyusui, berusia di bawah 18 tahun dan diatas 59 tahun, tekanan darah di atas 140/90, Mengalami gejala ISPA seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir, ada anggota keluarga serumah yang kontak erat, suspek, konfirmasi, sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19, ” paparnya.

Baca Juga :  Sabhara Polres Pringsewu Sita Puluhan Miras dan Tuak

Selain dari pada itu, ia juga menjelaskan tentang adanya penderita penyakit tertentu juga tidak diperbolehkan menerima vaksin tersebut.

” bila sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah ini juga gak boleh divaksin, menderita penyakit jantung, penyakit Autoimun Sistemik, penyakit ginjal, penyakit Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis, ” jelasnya.

Masih kata Suyono bahwa ada banyak lagi yang tidak boleh menerima vaksin, diantaranya  penderita penyakit saluran pencernaan kronis, penyakit Hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun, juga penyakit kanker, kelainan darah, imunokompromais atau defisiensi imun, dan penerima produk darah atau transfusi.

Sementara untuk penderita penyakit dalam kondisi tertentu masih dibolehkan untuk menerima vaksin antara lain penderita penyakit Diabetes Melitus, penderita HIV, serta emiliki penyakit paru sepertu asma, PPOK, TBC. (Rado)

Tulis Komentar

News Feed