oleh

Jembatan Pulau Pasaran Butuh Sentuhan Pemerintah

-KOTA-16 views

BANDARLAMPUNG – Warga Pulau Pasaran Kota Bandarlampung mengeluhkan jembatan penghubung menuju lokasi ke tempat sentra ikan teri asin itu yang sudah rusak parah dan dapat membahayakan orang yang melintasinya.

“Jembatan ini sudah banyak yang mulai rusak dan berlobang sangat membahayakan bagi warga yang melintasinya,” kata Ketua RT Lingkungan 09 Kelurahan Kota Karang, Teluk Betung Timur, Said, di Bandarlampung, Selasa (26/1).

Ia mengharapkan pemerintah daerah baik Provinsi Lampung maupun Kota Bandarlampung dapat segera memperbaiki jembatan yang sudah rusak parah tersebut agar aktivitas warga sekitar dapat berjalan dengan lancar.

“Kita harap ada campur tangan pemda untuk memperbaiki jembatan yang saya kira sudah kurang layak, dimana pagar penghalang di kanan-kirinya juga sudah banyak yang patah dan itu sangat bahaya sebab bila tidak hati-hati orang yang jalan bisa langsung jatuh ke laut dangkal di bawah jembatan,” kata dia.

Baca Juga :  Danrem Gatam Ikuti Vicon Rakornas BNPB Tahun 2021

Apalagi lanjut dia, jembatan yang dibangun oleh Gubernur Lampung Sjachroedin ZP itu sudah mulai ambles ke dalam di bagian depan pintu masuk Pulau Pasaran sehingga bila laut pasang air laut akan menutupi jembatan tersebut.

“Ya kalau bisa di sama ratakan atau ditinggikan jembatannya agar ketika air pasang tidak sampai menutupi permukaan jalan. Kemudian jembatan juga perlu dilebarkan agar becak bermotor dan kendaraan roda dua tidak saling senggol saat berpapasan,” kata dia.

Terlebih, lanjut dia, jembatan penghubung tersebut memiliki peran vital bagi warga pulau meskipun jembatan tersebut bukanlah satu-satunya cara agar dapat sampai ke pulau pasaran.

“Meski masyarakat bisa lewat laut untuk dapat ke pulau ini, tapi jembatan ini sangat penting bagi kami, seperti bila ada bencana baik tsunami ataupun gempa rata-rata masyarakat akan berlarian dari pulau melalui jembatan itu, kalau dia sudah rusak itu juga kan sangat bahaya bagi warga,” kata dia MB

Baca Juga :  Sungai Kaliawi: Buawi Tertangkap, Buiwo Masih Diburu

Hal serupa diungkapkan oleh warga Pulau Pasaran lainnya Rion Apriliando terkait perbaikan jembatan tersebut.

“Kami sangat merindukan jembatan ini dibangun dan diperbaiki oleh pemerintah,” kata dia.

Ia mengatakan bahwa memang beberapa waktu lalu bahwa jembatan ini pernah diperbaiki oleh Pemkot Bandarlampung namun itu tidak keseluruhannya dan sekarang jembatan itu sudah semakin parah rusaknya bahkan sudah ada lobang di tengahnya.

“Untuk sementara lobang dan perbaikan jembatan diperbaiki oleh swadaya masyarakat dahulu sambil menunggu realisasi pemkot Bandarlampung yang pernah wancanakan perbaikan jembatan ini,” kata dia. (tara/JJ).

Tulis Komentar

News Feed