oleh

34 Nakes Divaksin di Puskesmas Bumi Baru

WAYKANAN – Sebanyak 34 tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19 di UPT Puskesmas Bumi Baru. Tujuh diantaranya Tenaga Kesehatan dari Klinik Ramik Ragom.

Kepala Puskesmas Bumi Baru Deni Paika S.Kep, saat dikonfirmasi awak media mengatakan penyuntikan vaksin sinovac tersebut harus mengikuti standar operasional (SO).

Ia memastikan vaksinasi di Puskesmas Bumi Baru melalui empat prosedur, yakni harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi P . Care, screening dan anamnase.

Setelah screening pertama dan kedua vaksin menuju meja ketiga merupakan tempat penerimaan vaksin akan dilakukan penyuntikan.

“Nah, setelah usai disuntik peserta diarahkan ke meja ke empat untuk menjalani masa observasi selama 20-30 menit. Observasi ini gunanya untuk melihat gejala klinis yang muncul akibat penyuntikan vaksin tersebut,” jelas dia.

Baca Juga :  Kopi dan Gula Aren Rantau Temiang, Way Kanan Tembus Pasar Luar Provinsi Lampung

“Ini yang disebut Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Bila tidak ada masalah KIPI dalam kurun waktu 30 menit maka penerima vaksin sudah bisa diperbolehkan pulang dan bisa beraktivitas seperti biasanya,” tambah.(Yoni)

Tulis Komentar

News Feed