oleh

Petinggi Kerajaan Paksi Buai Bujalan Diwai Terima Kunjungan Dewan Pembina BIFBWD

Lampunga Barat – Dalam rangka Menggali keberagaman Budaya di lampung Barat, Dewan Pembina Badan Kongres Internasional Forum Budaya dan Warisan Dunia (BIFBWD) Mayjen (Purn) Tatang Zainudin, melakukan kunjungan di Gedung Dalom Paksi Buai Bejalan Diwai, di Pekon Kembahang Kecamatan Batu Brak Lampung Barat.

Kedatangan mantan petinggi Korp Pasukan Khusus (Kopasus) tersebut, di terima salah satu petinggi kerajaan Paksi Buai Bujalan Diwai yakni Batin Penggalang Paksi mewakili Suttan Jaya Kusuma IV Salayar Akbar Puspanegara Suttan Sekala Bekhak ke-XX, ditandai dengan pemasangan Sarung Gantung yang merupakan pakaian adat kepaksian Buai bujalan Diwai.

Dalam kunjungannya ke Gedung Dalom (Rumah Adat) salah satu Kepaksian di Paksi Pak Sekala Bekhak tersebut, Mayjen (Purn) Tatang Zainudin mengatakan, merasa bangga dengan masyarakat yang ada Dilambar, di tengah moderenisasi yang yang semakin maju ini, masyarakat Lambar masih mau menjaga kelestarian adat budaya peninggalan leluhur.

Baca Juga :  Bupati Budi Utomo Resmikan Yayasan Panca Budi Mulia

“Saya merasa terharu dan bangga bisa di terima dengan baik dan secara kekeluargaan di Kepaksian Buai Bejalan Diwai ini, dan saya bangga di tengan moderenisasi yang maju pesat ini, masih ada masyarakat yang mau menjaga kelestarian adat budaya,” Ungkapnya, Rabu (03/02/2020)

Tatang berharap masyarakat Lambar terus menjaga kelestarian adat sehingga dapat diwariskan kepada anak cucu nantinya, tatang sadar adat budaya leluhur saat ini sudah banyak yang ditinggalkan dan tergerus oleh budaya luar.

Tatang ingin mendukung keberlangsungan masyarakat adat di Lambar yang memiliki peran penguatan kearifan lokal adat suku Lampung Saat ini, dan jika dimungkinkan kedepan Lampung barat nantinya akan menjadi tuan rumah saat dilaksanakannya pertemuan raja-raja se- Nusantara.

Baca Juga :  Berbulan Blan Tanpa Kabar, Akhirnya Bambang Supriyadi Digantikan Suharlan Duduk di DPRD Lambar

“Saya berharap kita semua bersama sama melestarikan budaya warisan leluhur yang saat ini sudah mulai di tinggalkan, dan jika ada yang dibutuhkan saya siap membantu semampunya, dengan melihat semangat masyarakat lambar, pertemuan raja-raja senusantara akan kita adakan dilambar,” harapnya.

Sementara itu Arahman Puspa Negara Gelar Batin Penggalang Paksi mewakili Suttan Jaya Kusuma IV Salayar Akbar Puspanegara Suttan Sekala Bekhak ke-XX mengaku sangat berkesan atas kehadiran mantan petinggi TNI berbintang dua tersebut.

Rahman berharap, dengan kehadiran Kang Tatang di Lampung barat dapat menjadi motifasi bagi masyarakat adat khususnya yang ada diKepaksian Buai Bejalan Diwai, dan kedepannya bisa menjalin hubungan baik dengan Kerajaan kerajaan yang ada diseluruh Nusantara.

Baca Juga :  Ketua DPC AWPI Metro Sesalkan Sikap Diskriminasi Terhadap Wartawan

“Kami sangat bangga kehadiran seseorang tokoh bangsa dan tokoh adat Nasional, semoga dengan kehadiran kang tatang di kepaksian Buai bejalan diwai bisa menjadi motifasi bagi masyarakat dan meningkatkan sesadaran masyarakan akan pentingnya menjaga adat istiadat, dan nantinya bisa menjadi jembatan untuk menjalin hubungan baik dengan raja-raja senusantara,” ungkap rahman

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Asinten bidang perkonomian dan kesra Lambar Wasisno Sembiring, Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja (PolPP) Lambar Haiza Rinsa, dan beberapa Raja, Batin Jungku dilingkungan Paksi Buai Bujalan Diwai serta Ketua dan pengurus Sanggar Buai Bujalan Diwai. (Rifai)

Tulis Komentar

News Feed