oleh

Agus Istiqlal Hadiri Paripurna Pandangan Fraksi Usulan Ranperda

PESISIR BARAT – Bupati Agus Istiqlal hadiri rapat Paripurna Tentang Pandangan Umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda tahun 2021 yang sedang diusulkan DPRD, Selasa (9/2).

Bupati menyampaikan pendapat terhadap dua dari lima Ranperda inisiatif DPRD tersebut. Usulan Ranperda yang pertama tentang pengelolaan sampah. Sampah telah menjadi masalah klasik dari sebuah daerah perkotaan atau wilayah permukiman yang padat penduduknya dengan lingkungan lahan sekitarnya yang terbatas, jelas Bupati.

“Selain itu peraturan daerah ini nantinya dapat dijadikan tolak ukur oleh masyarakat dalam konteks keikutsertaan terhadap upaya menanggulangi permasalahan sampah dan untuk menjaga lingkungan,” tegas bupati.

Kemudian, pengaturan tentang pengelolaan sampah ini akan memberikan kekuatan hukum dan kepastian bagi Pemerintah kabupaten Pesibar.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Dampingi Kunjungan 2 Menteri Kabinet Indonesia Maju

Selanjutnya Ranperda tentang pelayanan kesehatan. Ranperda ini merupakan hak setiap orang yang dijamin oleh undang-undang dasar 1945 untuk melakukan upaya peningkatan derajat kesehatan baik perorangan maupun kelompok masharakat secara keseluruhan, jelas Bupati.

“ Permasalahan utama dalam penyelenggaraan kesehatan saat ini antara lain, masih tingginya disparitas status kesehatan antara tingkat sosial ekonomi antara perkotaan dan perdesaan, ” tegasnya bupati.

Bupati berharap Ranperda tentang penyelenggaraan kesehatan harus mencakup dua hal yakni, pertama memberikan payung hukum yang jelas terhadap pelayanan kesehatan. (indra/JJ).

Tulis Komentar

News Feed