oleh

Begini “Saktinya” Kartu Petani Berjaya Arinal

-DAERAH, MESUJI-195 views

Mesuji – Wacana memberikan berbagai kemudahan dari Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi terbilang tak tanggung, hanya dengan memilki benda yang disebut Kartu Petani Berjaya (KBP) para petani dipastikan mendapat banyak manfaat.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Gunawan S.T.P selaku kepala Bidang Sarana Dan Prasarana Dinas pertanian kabupaten Mesuji saat ditemui crew media Haluan Lampung disela sela agenda Falidasi Data Penerima KPB yang berlangsung di Aula balai penyuluhan pertanian kecamatanTanjung raya, yang dihadiri juga oleh beberapa perwakilan staf Dinas Pertanian Provinsi Lampung pada Selasa (09/02).

“Kami pastikan banyak kemudahan yang didapat oleh para petani dengan memiliki KPB, atas arahan Bapak Bupati Mesuji Hi Saply TH kami pihak Dinas Pertanian menargetkan 28.000 petani di Mesuji harus memiliki Kartu tersebut, adapun manfaat  yang bisa diperoleh antara lain, penebusan pupuk bersubsidi, bantuan bibit, bantuan peralatan tanam juga peralatan panin, ” paparnya.

Baca Juga :  Nanang-Pandu Optimis Tingkatkan Kualitas Pendidikan Lampung Selatan

Tak hanya itu, kemudahan juga didapat bagi para pemegang KBP yang membutuhkan tambahan modal, dapat mengajukan kredit dengan bunga rendah, melalui Bank BNI.

” Untuk yang membutuhkan tambahan modal juga dapat mengajukan pinjaman dengan bunga antara 2-3% melalui Bank BNI dengan sistem pembayaran pada saat panin, ” lanjut gunawan.

Disinggung terkait data para petani yang telah terdaftar maupun yang belum, jebolan fakultas pertanian, Universitas Sriwijaya Palembang ini menjelaskan bahwa selain mendata, pihaknya saat ini juga gencar melakukan sosialisasi terhadap para petani.

“Target awal kami saat ini 2500 kartu, sementara data yang telah terkumpul saat ini 6810 dimana 116 diantara sudah terdaftar, kami juga telah tiga kali melakukan sosialisasi dan kedepan kita akan selalu mengadakan pembinaan karena KPB merupakan kartu yang berbasis teknologi maka diharapkan semua pemegang Kartu juga memiliki hp android untuk mengunduh aplikasi, dimana dalam aplikasi tersebut akan selalu update berbagai informasi serta kemudahan yang sangat besar manfaatnya, ” ujar gunawan.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Dampingi Kunjungan kerja 2 Menteri di Kabupaten Tanggamus

Lebih lanjut, ia juga menandaskan bahwa pemerintah daerah kabupaten Mesuji dalam hal ini Dinas Pertanian sangat optimis dengan adanya Kartu Petani Berjaya tersebut sektor pertanian di kabupaten berjuluk Bumi Ragap Begawi Caram Ini, akan menjadi lebih maju lagi serta dapat meningkatkan hasil produksi pangan. (Rado)

Tulis Komentar

News Feed