oleh

“Sengketa Pilkada Bandarlampung”, Adu Balap Keputusan PK Vs Penetapan Pemenang

HALUANLAMPUNG.COM – Kubu Yutuber (paslon 02) Yusuf Tulus berhasil mendaftarkan permohonan Peninjauan Kembali (PK) ke panitera Mahkamah Agung (MA).

Bahkan, PK sudah teregistrasi dan mendapat nomor yakni nomor: 2/PR/II/2 PK/PAP/2021 perihal penerimaan dan registrasi berkas permohonan Peninjauan Kembali sengketa Pelanggaran Administrasi Pemilihan (PAP) pada 8 Februari 2021 lalu.

PK tersebut masih berproses, namun belum ada keterangan nama-nama Majelis MA yang akan menangani perkara ini.

Dus, juga belum ada penjelasan kapan keputusan PK akan diumumkan Majelis MA.

Namun, dengan terdaftarnya PK paslon 02 di MA, maka menambah panjang drama sengketa Pilkada Bandarlampung.

Peluang paslon 02 untuk membalikkan keadaan kembali terbuka setelah sebelumnya Majelis MA mengabulkan gugatan banding paslon 03 Eva-Deddi yang didiskualifikasi KPU Bandarlampung.

Adu Balap

Sejatinya, KPU Bandarlampung dapat menghormati upaya PK paslon Yusuf-Tulus di Mahkamah Agung dengan menunda penetapan pemenang pilkada.

Kuasa hukum Yusuf-Tulus, Ahmad Handoko meminta KPU Kota Bandarlampung menunda penetapan pemenang pilkada.

“Kami hari ini buat surat ke KPU kota supaya penetapan pemenang ditunda dulu sampai PK diputus MA,” ujarnya, Senin (15/2).

Pihaknya saat ini menunggu MA memproses PK tersebut dan berharap agar MA dapat menerima poin-poin yang menjadi keberatan.

“Kami sifatnya menunggu apa keputusan dari MA, kami berharap MA dapat mengabulkan PK kami, untuk waktunya tidak tau berapa lama itu kewenangan MA,” tambahnya.

Menyikapi ini, Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi mengatakan pihaknya menghormati upaya hukum luar biasa yang dilakukan Yusuf-Tulus. Namun, regulasinya mengatur bahwa putusan MA itu sudah final dan mengikat.

“Jadi kalau ada upaya hukum luar biasa kita menghormati proses itu, tapi di tahapan kita tidak dikenal namanya PK. Kita berjalan sesuai regulasi yang ada,” kata dia, Senin (15/2).(*/iwa)

Tulis Komentar
Baca Juga :  Asep Makmur, Konsens Tani hingga Branding Ikan Teri Lampung

News Feed