oleh

15 Hektare Sawah di Desa Sindang Garut Terancam Gagal Panen

PESAWARAN – Kurang lebih sekitar 15 Hektare sawah di Dusun 5 Rawa kijing Desa Sindang Garut, Kecamatna Way Lima terendam banjir. Akibat musibah banjir tersebut petani setempat terancam gagal panen.

Menurut warga setempat Saiun, yang juga merupakan petani penggarap menjelaskan, musibah banjir ini sudah dialami untuk yang kedua kalinya dimusim tanam padi pada tahun ini, sedangkan penyebab banjir tersebut diakibatkan oleh luapan air sungay way bulok.

“Sebetulnya daerah kami ini sangat miris mas, sebab disaat musim penghujan tiba daerah kami kebanjiran, karena tempat kami ini adalah wadah penampung air. Tapi saat musim kemarau tiba, kami juga mengalami kekeringan tidak mendapat pasokan air lantaran tidak ada sumber air yang dekat”kata Saiun, selasa (16/2/2021)

Baca Juga :  Herliansyah, Bocah Penderita Tumor Tulang Butuh Uluran Tangan

Bahkan, Saiun menceritakan lagi, Jika musim penghujan seperti sekarang ini, warga setempat hatinya selalu was-was ketakutan, sebab selain memikirkan rumahnya takut kebanjiran juga memikirkan sawah-yang digarap tidak bakalan panen, apa lagi mayoritas warga Dusun 5 Rawa Kijing adalah petani penggarap.

“Jadi kami ini seperti serba salah,namun bukan berati pula kami tidak mensyukuri, sebab musim hujan dan musim kemarau kami selalu cemas. Apa lagi banjir yang merendam sawah kami kali ini sudah yang kedua kalinya ditanam, ini jelas kami tidak bakalan panen padi” jelasnya

Dengan adanya musibah banjir yang merendam belasan hektare sawah di Dusun Rawa Kijing, Saiun berharap pada Pemarintah Pesawaran atau dinas terkait dapat memberikan solusi maupun bantuan agar petani di Rawa Kijing terbantu untuk menyambung kelansungan perekonomian keluarganya.

Baca Juga :  Ratusan Murid SMP KB Sisiri Sampah di Sepanjang Jalan Tiyuh Panaragan

“Saya berharap pada Bapak Bupati atau melalui dinas terkait bisa membantu petani yang sawahnya mengalami kebanjiran.Sebab, kami dipastikan tidak akan panen dan juga saat ini mau kerja dimana untuk memenuhi kebutuhan kami sehari-hari jika sawah yang kami harapkan tidak bakalan panen”.harap Saiun

Hal yang sama dikatakan oleh Kepala Desa Sindang Garut Kasio, Meskipun banjir pada hari senin 15/2 sekira pukul 05:wib tidak menimbulkan korban jiwa namun berdampak pada perekonomian warga khususnya petani yang ada di Dusun Rawa Kijing yang sudah dipastikan mengalami gagal panen.

“Atas nama Pemarintahan Desa Sindang Garut saya berharap kepada Pemarintah Kabupaten Pesawaran dapat memberikan bantuan pada petani yang kena musibah banjir, karena bercocok tanam padi adalah satu-satunya usaha mereka, ini juga bukan sawah milik pribadi melainkan menggarap sawah orang lain, jadi sangat diharapakan adanya bantuan dan perhatian pemarintah untuk memenuhi kebutuhan keluarga petani ini” pungkasnya. (Mus)

Tulis Komentar

News Feed