oleh

Asep Makmur, Konsens Tani hingga Branding Ikan Teri Lampung

HALUANLAMPUNG – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung Asep Makmur “nongkrong bareng” dengan masyarakat konstituennya di Dusun Pasikan, Labuhan Maringgai, Lampung Timur, Sabtu (20/02) malam.

Di sana, Asep kembali fokus membicarakan masalah pertanian yang sejak awal memang menjadi konsens kader Partai Demokrat tersebut.

Di hadapan puluhan masyarakat desa yang umumnya adalah petani jahe, Asep berjanji akan mengupayakan terbentuknya kelompok petani jahe.

Menurutnya, dengan adanya kelompok petani jahe yang berbadan hukum dan teregistrasi di Kemenkumham, maka kepentingan kelompok tani jahe untuk mendapatkan bantuan menjadi terbuka lebar.

Sejumlah petani jahe di Labuhan Maringgai menyampaikan bahwa tanaman jahe atau empon-empon bisa tumbuh subur di desanya.

Baca Juga :  Ratusan Murid SMP KB Sisiri Sampah di Sepanjang Jalan Tiyuh Panaragan

Namun petani mengalami sejumlah kendala, di antaranya minim modal, peralatan pengolahan lahan dan pupuk.

Tentang Asep Makmur

Asep Makmur adalah anggota DPRD Provinsi Lampung 2019-2024 mewakili Lampung Timur.

Ia adalah kader Partai Demokrat, meski sebelumnya sempat tergoda mendaftarkan diri ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai kendaraan politiknya saat Pileg lalu.

Asep Makmur “aslinya adalah seorang nelayan. Maka tak heran ia seringkali menyuarakan kepentingan petani, khususnya nelayan.

Dalam berbagai kesempatan, Asep gigih mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung untuk lebih fokus memperhatikan para nelayan di Lampung, terutama dalam hal perizinan dokumen kapal.

Sebab, di Provinsi Lampung khususnya Lampung Timur masih terdapat belasan ribu kapal yang tidak memiliki dokumen resmi, karena dinilai sulitnya perizinan birokrasi untuk pengurusan dokumen kapal nelayan tersebut.

Baca Juga :  Kopi dan Gula Aren Rantau Temiang, Way Kanan Tembus Pasar Luar Provinsi Lampung

Selain itu, Asep juga kerap mendorong Pemerintah Provinsi untuk terus mengampanyekan (branding) semua komoditi kekhasan Lampung, seperti kopi, ikan teri dan lain-lain.(*/iwa)

 

Tulis Komentar

News Feed