oleh

Sugiyanto: 2 Jam Sebelum Pemilihan Dibuka, Kotak dan Kertas Suara Sudah Harus Berada di TPS

PRINGSEWU – Mendekati hari H pelaksanaan Pilkakon serentak yakni besok pada 24 Februari, kotak dan kertas suara akan diserahkan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu yakni Forkopimda kepada pemerintahan kecamatan (Uspika) dilakukan.

Sekretaris pada Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Sugiyanto, SKM saat dikonfirmasi wartawan haluan lampung.com menjelaskan, sesuai dengan peraturan bupati (Perbup) disebutkan, H-1 pelaksanaan Pilkakon Serentak, kotak dan kartu suara sudah harus berada di kecamatan.

“Sementara, dua jam sebelum pemilihan (pemberian suara) dibuka, kotak dan kertas suara sudah harus berada di TPS masing-masing. Ini sebagaimana diamanatkan dalam Perbup No 07 2020 yang diubah menjadi Perbup No 01 Tahun 2021 Tentang Pilkakon Serentak Dalam Situasi Pandemi”, jelas Sugiyanto, Senin (22/02/2021).

Baca Juga :  Ratusan Murid SMP KB Sisiri Sampah di Sepanjang Jalan Tiyuh Panaragan

Menurut Sugiyanto, total jumlah TPS dalam Pilkakon Serentak tahun 2021 ini yakni 220 TPS, meliputi TPS Utama dan TPS tambahan.

“Untuk TPS tambahan, panitia mengambil kotak dan kertas suara ke TPS Utama. Sementata, TPS Utama mengambil kotak dan kertas suara ke kecamatan”, terang Sugiyanto.

Sugiyanto mengemukakan, kalau DPMP akan melakukan real count (penghitungan ril) melaluli aplikasi secara online dan akan dipusatkan di ruang aula Kantor Bupati Pringsewu.

Tepat sekitar pukul 12.00 WIB sambung Sugiyanto, TPS akan tutup. Namun, bilamana masih ada warga yang belum menyalurkan hak pilihnya, panitian akan tetap melayani.

“Panitia di masing-masing TPS juga akan dibekali lembar DPT tambahan, mengantisipasi dari kemungkinan terdapatnya warga yang tidak masuk kedalam DPT. Bagi pemilih tambahan, mereka akan menyalurkan suaranya setelah jam 12.00 WIB dan harus menunjukan KTP, KK atau bukti administrasi lainnya”, papar Sugiyanto. (Her)

Tulis Komentar

News Feed