oleh

Pilkada Pesisir Barat: Proses Hukum di MK Selesai, Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif Segera Dilantik

HALUANLAMPUNG – Pilkada Pesisir Barat telah selesai secara hukum, menyusul keputusan Majelis Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (18/3) yang memutuskan menolak gugatan permohonan pekara perselisihan hasil Pilkada (PHP) di Pesisir Barat.

Permohonan PHP diajukan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat Aria Lukita Budiwan dan Erlina dengan termohon KPU Pesisir Barat.

Dalam amar putusannya, MK menyatakan eksepsi termohon yakni KPU Pesisir Barat dan eksepsi pihak-pihak terkait, berkenaan dengan kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum.

Majelis MK juga menyatakan pemohon tidak memiliki ketetapan hukum.

Sempat Ricuh

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat menyatakan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Agus Istiqlal-Zulqoini Syarif unggul dengan mendapatkan suara terbanyak.

Baca Juga :  Oknum Pegawai Lapas Way Kanan Nyambi Ngedar Narkoba

Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, diwarnai kericuhan. Massa dari luar gedung memaksa masuk dan bertindak anarkistis.

Komisioner KPU Lampung Kordinator Wilayah Pesisir Barat Antoniu Cahyalana mengatakan, keributan dimulai saat jam istrahat sekitar pukul 12.00 WIB. Beruntung, petugas kepolisian dari Polres setempat dengan sigap meredam kericuhan.

“Pihak keamanan langsung menangkap provokator. Logistik Pilkada aman, sedangkan Komisioner KPU Pesisir Barat dievakuasi ke Polresta Lampung Barat,” ujar Antoniu, Selasa, 15 Desember 2020.(IWA)

Tulis Komentar

News Feed