oleh

“Ayudia dan Jalan Pulangnya” karya Seniman Muda Asal Lampung

Bandar Lampung – Sudah sepatutnya masyarakat pesawaran bangga dan memberikan apresiasi pada Rizqon, seniman muda asal Desa Gunung Sugih, Kecamatan Kedondong yang berkarya sampai ke kancah tingkat nasional lewat film layar lebar.

Sebelumnya Rizqon sang sutradara sekaligus pemeran dalam film tersebut pernah menang ditingkat nasional diluar negri, namun karena keterbatasan pada saat itu Rizqon bersama kawan-kawan pemain lainnya tidak bisa hadir hingga di diskualifikasi.

Kali ini Rizqon kembali berkarya membuat film layar lebar yang berjudul Ayudia dan Jalan Pulangnya. Film ini diangkat untuk mengingatkan kita bahwa betapa pentingnya keluarga, selain itu film ini juga mengenalkan indahnya panorama Destinasi Wisata Pesawaran, mengangkat Seni Budaya Lampung dan dalam film ini juga menampilkan dialog bahasa lampung yang dikemas dengan apik olehnya.

Meskipun penuh keterbatasan namun tak membuat ciut nyali Rizqon untuk menampilkan karyanya ditengah masyarakat indonisia. keterbatasan tak di jadikan penghalang, justru dijadikannya motivasi penyemangat agar giat dalam bekerja dan berkarya.

Berkat kegigihannya itu, Rizqon bersama Crew dan pemain film Ayudia dan Jalan Pulangnya, banyak mendapat dukungan dari semua pihak, bahkan mendapat dukungan penuh dari pemarintah daerah setempat.

Bupati pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, film Ayudi dan Jalannya Pulang menjadi debut seniman film dilampung untuk terus bekarya hungga sampai ke kancah nasional.

“Pertama saya menonton film ini tadi, hati saya rasanya deg degan, takut kalau film ini jauh dari ekspetasi saya. Tapi setelah saya melihat ke arah semua penonton mereka sangat asik menikmati jalan film ini. Artinya film ini layak untuk ditonton” ,” ucap Dendi saat jumpa pers usai menonton bareng di Bioskop CGV Transmart, Bandar Lampung, Senin (22/3/2021).

Tak hanya itu, Dendi juga mengatakan, film tersebut didukung penuh oleh pemkab Pesawaran dan juga Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bahkan sudah ditayangkan di dua Provinsi: Lampung dan Sumsel.

“Sebelumnya memang sutradara bertemu saya, cerita tentang ide pembuatan film pada 2019 lalu. Kemudian kita koordinasikan dengan kementrian terkait dan mendapat respon positif,” katanya.

Dendi menambahkan lagi,dalam pembuatan film ini, dibuat dengan penuh keterbatasan, bahkan jika ada kawan-kawan maen distadionya pasti tidak yakin kalau itu adalah studionya.

“Tapi walaupun penuh keterbatasan hari ini saya sangat bangga film ini tembus masuk pasar dan mendapat rekor terbanyak dalam tayang perdananya, film ini adalah pintu masuk jalan usaha. Saya bersama Dewan akan terus mensupoertnya. ujar Dendi.

Dalam kesempatan itu juga Rizkon sutradara sekaligus pemeran Film Ayudia dan Jalan Pulangnya menceritakan tentang proses perjalanan suka duka dan lokasi penggarapan pembuatan film tersebut.

“Untuk lokasi pembuatan film yaitu dilokasi Pantai Mahita, Pulau Kelagian, Dermaga Pantai Ketapang, Desa Pagar Jaya, Pantai Kamintara yang tak jauh dari Pulau Wayang, sedangkan mengenai ikan Lumba-lumba kita shoting di Pantai Teluk Kiluan” ujar Rizqon.

Dikatakan lagi oleh Rizqon, mengenai judul film ini, dirinya mengangkat Drama dari satu tokoh viksi, sementera nama Ayudia, ia ingin mengangkat econt lampung, sebab nama Ayudia biasanya didalam adat lampung adalah gelar atau adok yang diberikan pada pengantin prempuan.

“Perjalanan pembuatan film ini hampir 1 tahun pra produksinya, sedangakan mulai produksi sekitar 21 hari, hanya tertunda tayangnya karena seharusnya tayang di tanggal 16 maret 2020 lalu, berhubung ada wabah covit, maka diundur lagi selama 1 tahun, nah hari inilah tayang perdananya” jelas Rizqon.

Dengan adanya filem ini, sambungnya lagi, diharapkan dapat memicu semangat bagi anak muda agar terus bekarya meskipun penuh keterbatasan alat maupun dananya.

“Setelah menyaksikan dan menonton film ini. Saya berharap pada warga masyarakat indonisia, ataupun warga Provinsi Lampung supaya mendukung seniman-seniman daerah setempat agar lebih dikenal oleh masyarakat luas hingga ke daerah luar negri” harapnya. (Mus)

Tulis Komentar

News Feed