oleh

Dinas Koperasi dan Perdagangan Bangun TPS3R

Lampung Barat – Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar merencanakan bangun Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) kedua di Sumatera, yakni metode mengurangi, menggunakan dan mendaur ulang sampah pasar.

” Itu merupakan salah satu dari tiga program pada bidang pasar yang akan di implementasikan pada pasar, salah satunya Pasar Liwa yang akan dibangun TPS3R. ” Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pasar Salafudin, mendampingi Kadis Diskoperindag Sugeng Raharjo kepada haluanlampung.com, Rabu (31/3/2021).

Lanjut Salapudin, adapun tiga pasar yang masuk pada program bidangya ialah Pasar Simpangsari di kecamatan Sumber Jaya, Pasar Liwa dan pasar Pagardewa di kecamatan Sukau. “Untuk Pasar Simpangsari akan dibangun area parkir, pembangunan TPS3R di Pasar Liwa dan pembangunan los ikan pada pasar Pagardewa,” imbuhnya.

Baca Juga :  ODGJ Dimandikan dan Dikasih Makan, Cuma Ada di Lampung Barat

Menurut Salapudin, dari ketiga program yang akan diimplementasikan pada tahun 2021 tersebut sebagai upaya mewujudkan pembangunan pasar dalam rangka pusat ekonomi dan perdagangan untuk masyarakat.

” Yang menarik dari tiga program tersebut ialah rencana pembangunan TPS3R, dimana sampah pasar menyumbang cukup besar di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS).Sehingga kedepan ketika dibangunnya TPS3R akan membantu mengurangi, menggunakan dan mendaur ulang sampah, sehingga sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos dan non organik bakal bernilai ekonomis dan menjadi pendapatan bagi pasar terkait ,” pungkasnya.

Sementara itu Salapudin menjelaskan, mode TPS3R yang akan dicanangkan di Pasar yang terletak di Jantung kota Lambar tersebut menjadi pasar nomor dua yang bakal menerapkan TPS3R di wilayah Sumatera.

Baca Juga :  Parosil Resmikan Gedung BRI Cabang Liwa

” Sejauh ini di pulau Sumatera yang telah menerapkan metode ini ialah Pasar Batusangkar Sumatera Barat. Sehingga kedepan insyallah Pasar Liwa akan menjadi yang kedua di pulau Sumatera dengan menerapkan TPS3R untuk pengelolaan sampah pasar,” ujarnya. (Erwan/Rifai)

Tulis Komentar

News Feed