oleh

Nawawi Resmikan Pojok Taman Baca SMP Negeri 4 Mesuji

Mesuji – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji, Drs. Nawawi Matni, M.H., meresmikan Pojok Taman Baca SMP Negeri 4 Mesuji, Rabu (31/03/21) di Desa Gedung Boga Kec. Way Serdang Kab. Mesuji.

Nawawi dalam sambutannya menjelaskan ada 3 pemilik tanggung jawab dalam Pendidikan yaitu, Orang Tua, Pemerintah, dan Masyarakat sekitar. Sesuai dengan Permendikbud No 75 tentang bahwa Komite Sekolah melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya untuk melaksanakan fungsinya dalam memberikan dukungan tenaga, sarana dan prasarana, serta pengawasan pendidikan.

Menurut Nawawi, “dengan hadirnya Pojok Taman Baca yang ada di SMP Negeri 4 Mesuji adalah satu bentuk nyata dan karya nyata Inovasi bagi Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya terutama dalam menerapkan Budaya Literasi. Agar anak lebih dekat dengan buku, membuat anak gemar membaca, sesuai Slogan Saya yaitu dengan membaca kita bisa pintar. Saya mengucapkan terimakasih di hari terakhir saya bertugas, karena besok saya sudah pensiun di beri kejutan inovasi yang sangat membanggakan,” ujar Nawawi.

Baca Juga :  Peduli Sesama, Mahasiswa BCB UIN Raden Intan Bagikan Takjil di Jalanan

Sementara itu Kepala SMP Negeri 4 Mesuji Sutoyi, S.Pd., MM., Pojok Taman Baca ini digagas oleh Komite sekolah. “Dari Musyawarah sampai dengan pelaksanaan semua di lakukan oleh Komite Sekolah. Kami juga di dukung oleh tokoh masyarakat Gedung Boga yang juga anggota DPRD kab. Mesuji, Bapak H. Iwan Setiawan, S.E., M.M., dan Bapak Joko Prayitno, S.E. Kami selalu bersemangat untuk berinovasi, bahkan dalam pembelajaran Daring kami juga sudah memanfaatkan Platform Pembelajaran, seperti Google Clas Room dan lainya yang sifatnya inovasi agar peserta didik tidak merasa bosan di rumah,” Jelas Sutoyi.

Kepala Desa Gedung Boga, H. Yulida Sri Wahyuni, S.Pd. menilai kalau prakarsa SMP Negeri 4 Mesuji membuka ruang baca terbuka Pojok Taman Baca adalah bentuk dukungan literasi di Kab. Mesuji sekaligus wujud nyata mengembangkan sekolah berbasis kualitas. Sekolah berbasis kualitas salah satu indikatornya adalah menjadikan budaya membaca sebagai sebuah tradisi yang tumbuh berkembang dalam lingkungan sekolah, guru-guru dan orang tua siswa-siswi. “Kami memberi apresiasi yang tinggi bagi sekolah yang menyediakan ruang baca terbuka untuk siswa dan guru-guru. Kami harap semua Sekolah yang ada di Gedung Boga melakukan Invovasi, kami masyarakat akan mendukung penuh, karena Desa Kami sedang giat-giatnya melakukan Gotong Royong,” Ujar Yulida.

Baca Juga :  Warga Pertanyakan Jarang Masuknya Dewan Guru SDN 4 Menanga Siamang

Tampak Hadir dalam acara peresmian Pojok Taman Baca Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Mesuji, Drs, Nawawi Matni, SH., Yoga Puja Rama, SPsi., MM., Kepala Desa Gedung Boga, H. Yulida Sri Wahyuni, S.Pd., Pengawas Drs. Kukuh Priyono, Para Kepala SMP dan SD Sekitar, Komite Sekolah, Dewan Guru dan Wali Murid SMP Negeri 4 Mesuji.

Acara Peresmian Pojok Taman Baca dengan tetap mengikuti protokol covid 19 yaitu memakai masker, mengatur jarak tempat duduk dan menyediakan hand sanitizer dan sarana cuci tangan di berbagai sudut tempat pelaksanaan acara peresmian Pojok Taman Baca SMP Negeri 4 Mesuji. (Rd)

Tulis Komentar

News Feed