oleh

Prihatin,,, Sudah Anggaran Dipangkas, Jalan Juga Banyak yang Rusak

Mesuji – Curah hujan yang tinggi membuat kondisi sejumlah ruas jalan yang ada dilingkup Kabupaten Mesuji sangat memprihatikan, meski demikian pihak pemerintah telah berupaya dengan beberapa langkah, namun kendala cuaca hingga keterbatasan anggaran masih menjadi penghalang untuk mengoptimalkan proses pembangunan jalan.

Dikatakan oleh kepala Bidang Binamarga Kabupaten Mesuji Agnatiyus Syahrizal St bahwa selain menyiagakan alat berat di beberapa titik, pihak Dinas Pembanguna Umum Dan Tata Ruang kabupaten mesuji telah menganggarkan kurang lebih Rp 100.000.000.000. Pada tahun 2021, namun hal tersebut kandas lantaran tidak mendapat persetujuan dari pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten setempat, sehingga dari total anggaran yang direncanakan oleh pihak Dpupr Bidang Bina Marga hanya mendapat alokasi dana sebesar Rp 30.000.000.000 untuk semua kegiatan.

“Untuk tahun 2021 kami telah memprogramkan peningkatan jalan di setiap kecamatan dengan dana Rp 5.000.000.000, namun hal tersebut tidak di setujui oleh pihak dewan, termasuk ruas jalan yang di posting oleh ketua Dprd itu juga menjadi salah satu lotus kami tahun ini, ” paparnya, selasa (06/04).

Baca Juga :  PSHT Cabang Mesuji Tegaskan Tidak ada Dualisme

Meski demikian, masih kata pria yang akrap disapa Tiyus ini, pihak Bina Marga tetap melakukan perbaikan jalan dengan menggunakan alat berat serta stokfile yang ada.

tapi tetep aja, karena ini memang kewenangan kami maka ada beberapa ruas jalan yang kami tangani melalui peralatan dan perbengkelan (Alkal), namun kadang alat berat kami juga terkendala cuaca lantaran beberapa minggu terakhir ini memang wilayah mesuji sering diguyur hujan, ” tegasnya.

Tak hanya itu, Tius juga menegaskan bahwa musim penghujan saat ini, ruas jalan baik Wilayah Mesuji Timur, Rawa Jitu Utara kecamatan Mesuji dan kecamatan Way serdang merupakan target utama dalam perbaikan akses jalan.

“Ditahun 2021 ruas jalan baik yang berada di wilayah Mesuji Timur, Rawa Jitu Utara kecamatan Mesuji dan kecamatan Way serdang merupakan target utama kami dalam melakukan perbaikan semua akses jalan yang dimaksud, ungkap Tius .

Sampai saat ini, Lanjut Tius pihaknya terhitung selama 1 minggu lebih menangani dengan melakukan perbaikan rutin akses jalan penghubung Desa Tirtalaga (Sp 9) sampai  desa Sumber Makmur (Sp 12) menuju kota Terpadu Mandiri (KTM) dan juga ke Pangkal Arah Rawa Jitu Utara, beber Tius.

Baca Juga :  Karang Taruna Mesuji Bagikan Takjil Buka Puasa

lebih dalam ia menyampaikan saat ini excamini, greder, vibro tengah memperbaiki ruas jalan poros menuju arah Muara dan Sidang makmur dan di akses jalan 33 titik Desa way puji menuju Sidang iso Mukti yang telah di perbaiki secara bertahap.

Dihubungi secara terpisah, camat Mesuji Taufik Widodo tentang  kondisi ruas jalan penghubung Desa Sumber makmur – mulya sari yang sempat viral lantaran diposting ketua Dprd setempat dalam akun faceebok, ia menjelaskan bahwa cuaca yang kurang bersahabat menjadi kendala proses pekerjaan perbaikan jalan.

“untuk ruas jalan tersebut kami sudah koordinasikan dengan Dinas PUTR, ada sekitar 4 sampe 5 km x 2 (krn kanan kiri), Kabid BM sudah komunikasi. Alat berat sudah masuk,  tapi baru bisa optimal pengerjaan ketika cuaca panas, wilayah mesuji atas sudah ada penanganan dari PU, minggu lalu di seputaran Tirtalaga alat berat sudah kerja, dan segera masuk ke ruas sumber makmur-mulyasari, ” ungkap Taufik.

Sebelum ini, media sosial di kabupaten mesuji mamang ramai lantaran postingan ketua Dprd Mesuji Elfianah dalam laman Facebook pribadinya mengguh foto serta vidio kondisi jalan yang berlumpur serta susah dilalui, tak hanya konten vidio Istri mantan Bupati Mesuji itu juga menulis kalimat yang meminta Organisasi Petangkat daerah untuk bekerja serta mengharap masyarakat selalu bersabar, begini captionya.

Baca Juga :  Ikuti Arahan Presiden, Pemkab Mesuji Tiadakan Safari Ramadan

“Jalan rusak, hancur, ongkos angkut bertambah karna mobil truck tidak bisa langsung ke lokasi, mungkin rezekinya tukang ojek, kepada masyarakat/ petani tetaplah sabar dan tabah.

Dan Kepada Dinas PUPR segera cek lapangan, petakan masalah dan susun langkah. Rakyat  butuh kerja nyata, untuk apa punya alat  berat, cuaca jgn menjadi alasan, harus diantisipasi sebelum musim hujan.

Jangan salahkan rakyat kalau latah mengupload jalan rusak, upload saat terpater, saat jalan kaki, itulah sebenarnya curahan hati mereka, karena tak mampu berkata.( jln dr sumber makmur menuju mulya sari kec mesuji). (Rado)

Tulis Komentar

News Feed