oleh

Dianggap Mengganggu, Satpol PP Tertibkan ODGJ

Lampung Barat — Menindak lanjuti Laporan warga karena merasa terganggu akibat keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang meresahkan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lampung Barat melakukan penertiban, kamis (08/04/2021).

Dalam operasi ini, pihak Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lambar bersama Dinas Sosial Kabupaten setempat.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat (Linmas) Mujiran, mendampingi Kepala Satpol PP Lambar Haiza Rinsa mengungkapkan, operasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat yang merasa terganggu akibat ulah warga ODGJ tersebut yang lalu lalang di jalan raya dengan keadaan yang sangat kumuh.

“Atas laporan masyarakat kami bersama pihak Dinas Sosial segera melakukan penertiban, karena masyarakat sudah merasa terganggu akibat ulah orang ini yang sering lalu lalang dan mengganggu jalan raya” ungkap Mujiran

Baca Juga :  Persalinan di Fasilitas Kesehatan Dinkes Kabupaten Lampung Barat 2021

Mujiran menambahkan setelah melakukan pengamanan ODGJ tersebut, pihaknya bersama beberapa tim melakukan pembersihan, mengganti Pakaian dan memberi makan terhadap pasien.

Selanjutnya kata Mujiran, pihaknya melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial dan Pihak Puskesmas Balik Bukit jika di butuhkan penanganan Medis.

“Saat ini pasien sedang kami tangani, di mandikan, rambutnya kami potong karna sangat kumuh dan bau, dan kami kasih makan minum, selanjutnya kami akan kordinasi dengan pihak Dinsos dan Puskes untuk dilakukan tindakan medis, karna sepeertinya pasien ini sedang sakit,” tambah Mujiran.

Mujiran menghimbau kepada warga agar jangan mengganggu jika ada ODGJ, jika berlalu lalang di sekitaran Lambar, serta memperlakukan mereka secara manusiawi, dan jika meresahkan segera melapor langsung Kepihak Satpol PP maupun Dinas Sosial.

Baca Juga :  Dua Pokmas Diajukan Kelola Hutan Lindung Program Perhutanan Sosial

“apa bila ada warga ODGJ jangan disakiti karena mereka keterbelakangan mental alangkah lebih baik melapor saja langsung ke sat pol PP atau dinsos Lambar agar bisa kita tindak sesuai dengan prosedur, dengan harapan juga kooperatif agar sama sama bisa mengurusi masalah ODGJ ini,” harapnya. (Erwan/Rifai)

Tulis Komentar

News Feed