oleh

Perbup Waykanan “Selamatkan” 3 Cakakam Narkoba

TERUNGKAP, lolosnya 3 calon kepala kampung dari jerat hukum dugaan kasus penggunaan narkoba karena “diselamatkan” oleh Perbup Waykanan No. 24 tahun 2018.

(Perbup) itu tentang pemilihan kepala kampung di Waykanan di mana pada Pasal 34 mengatur tentang kewajiban tes narkoba kepada semua bakal calon kepala kampung.

Diketahui, sebelumnya ada tiga calon kepala kampung yang mengikuti tes narkotika yang dilakukan oleh BNNK Waykanan terindikasi menggunakan narkoba. Namun, tidak satu pun yang diproses hukum, ditahan atau menjalani rehabilatasi. Bahkan, nama-nama tiga calon kepala kampung tersebut juga dirahasiakan.

Kasatres Narkoba Polres Waykanan, IPTU Mirga Nurjuanda mengatakan pihaknya tidak dapat bertindak karena tes tersebut di laksanakan oleh Dinas PMK dan BNN Waykanan.

Baca Juga :  KBM Tatap Muka Tunggu Zona Hijau: Kuning Belum Hijaunya Kapan?

“Ada surat pernyataan bahwa pelaksanaan tes urine narkotika itu bersifat non projustisia dari Kadis PMK Way Kanan. Pada saat tes urine kami hanya diminta untuk pengamanan pelaksanaan tes saja,” jelas Mirga.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Kampung Ixuan Achmadi, S.Sos juga menjelaskan bahwa tes narkoba yang dilakukan oleh BNNK Waykanan pada Sabtu, 10 April 2021 itu dilaksanakan dalam rangka Non Pro Justisia yang hanya bertujuan untuk menciptakan aparatur negara dan lingkungan kerja instansi pemerintah yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Berdasarkan surat itu pula, rupanya Dinas PMK dan BNNK Waykanan tidak mengumumkan nama-nama tiga calon kepala kampung tersebut. (red)

Tulis Komentar

News Feed