oleh

Lampung Produsen Daging Celeng?

PEREDARAN daging babi (celeng) masih menjadi momok di Tanah Air, termasuk Lampung yang di dalam peta peredarannya disebut-sebut sebagai daerah pemasok.

Tahun lalu, daging celeng asal Lampung disebut-sebut berkontribusi dalam kasus peredaran daging babi di Pulai Jawa.

Ada kontribusi Lampung dalam kasus peredaran daging babi di Kabupaten Bandung pada ramadan tahun lalu. Bahkan Lampung disebut daerah asal pemasok utama daging babi ke sana.

Terungkap, peredaran daging babi yang disamarkan menjadi daging sapi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat sudah berlangsung hampir setahun. Daging babi itu sempat marak beredar di kecamatan Banjaran, Baleendah, dan Majalaya.

Para pelaku sengaja memalsukan daging babi dengan berbagai cara agar bisa menyerupai daging sapi. Daging babi diberi boraks agar warna dan tekstur menyerupai. Daging lalu dibeku dan dijual dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Modus licik ini berhasil diungkap polisi.

Baca Juga :  Fiyanti Tak Mungkin Sendiri

Saat itu, Bupati Bandung, Dadang M Nasser sempat geram dan langsung turun tangan menginspeksi ke pasar. Ia minta masyarakat dan polisi mewaspadai peredaran daging babi di daerahnya.

Dia mengungkapkan, ada juga daging babi yang masuk dari Sumatera, terutama dari Lampung. Daging babi ini dikirim menggunakan paket bus malam.(iwa)

Tulis Komentar

News Feed