oleh

Antisipasi Rabies, HPR Divaksin Massal

Lampung Barat – Sejumlah hewan di Pekon Sukaraja Kecamatan Batu Brak disuntik vaksin, hal tersebut bertujuan sebagai antisipasi terhadap Hewan Penular Rabies (HPR) di pekon setempat.

Hal itu diungkapkan Kabid Kesehatan Hewan, Maarif mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Natajudin Amran, Kamis (17/6/2021).

“Vaksinasi hari ini merupakan tindak lanjut surat Peratin Pekon sukaraja, Batu Brak Nomor : 140/39/V.07/2009/2021 tanggal 14 Juni 2021 perihal permintaan Vaksinasi,” kata Maarif saat dikonfirmasi haluanlampung.com, Kamis (17/6/2021).

Menurut Maarif, vaksinasi hewan yang dilakukan oleh pihaknya melalui Disbunnak Lambar dewasa ini menunggu usulan oleh masyarakat yang dikordinir oleh kepala pekon (desa) setempat.

“Bila sebelumnya vaksinasi di programkan oleh dinas, namun faktanya dilapangan kurang antusias diminati. Sehingga saat ini kami ‘Disbunnak’ menunggu usulan, seperti halnya hari ini oleh pemerintah Pekon Sukaraja kita langsung tindak lanjuti,” Ucap Maarif.

Baca Juga :  Pekon Hujung Gelar Pisah Sambut Mahasiswa KKN UIN RIL dan STIT Multaza

Adapun kata Maarif, vaksinasi gratis yang dilakukan pihaknya hari ini ialah penyuntikan vaksin rabies dan pengobatan hewan. “Hewan yang disuntik rabies hari ini diataranya 173 ekor anjing, 27 ekor kucing, dan pengobatan terhadap tiga ekor kambing serta 45 ekor anjing milik masyarakat setempat,” terang Maarif.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Camat Batu Brak Mat Suhyar, Kepala Puskeswan Balik Bukit, dan segenap aparat Pekon setempat.

Dengan terselanggaranya kegiatan tersebut, Maarif mengajak masyarakat untuk mengusulkan penyuntikan terhadap HPR kepada dinas terkait. “Kita menunggu usulan dan penjadwalan dari masyarakat, tentu tujuannya demi tercapainnya Lambar Bebas Rabies, untuk pekon yang berminat mari usulkan ke Dinas,” ajaknya. (Erw/Fai)

Tulis Komentar

News Feed