oleh

Belasan Hewan Kurban Ditemukan Mengidap Cacing Hati

LAMPUNGBARAT – Terdata sementara, hingga H+3 sebanyak 1.308 hewan yang dikurban di Lampung Barat yang terdiri dari 995 ekor kambing dan 313 ekor sapi.Sebanyaak 11 diantaranya divonis mengidap cacing pada organ hati.

Begitu ditandaskan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lambar, Natadjudin Amran kepada haluanlampung.com, Kamis (22/7/2021) sore.

Menurutnya, 11 hewan yang ditemukan mengidap penyakit tersebut tersebar di tiga kecamatan dengan rincian di Kecamatan Balik Bukit 5 ekor, Batu Brak 3 ekor dan Way Tenong 3 ekor.
“Saat ditemukan pada proses pemeriksaan organ hatinya mengidap cacing langsung disarankan oleh petugas untuk dikubur dan alhamdulillah rekomendasi kita semuanya diindahkan,” jelasnya.

Karena kata Natadjudin begitu sapaan akrab Natadjudin Amran, Penguburan organ hati tersebut merupakan prosedur wajib bagi hewan yang mengidap cacing hati, mengingat membahayakan kesehatan bagi yang mengkonsumsi.

Baca Juga :  Kemenag Lampung Launching SIKAT, Maryan Hasan : Bagian Dari Transformasi Digital

Ke sebelas hewan yang dinyatakan mengandung cacing itu terang Nata, ialah akumulasi dari awal Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7/2021) hingga H+3, Kamis (22/7/2021) hari ini.”Kalo kemarin terdata delapan hewan yang organ hatinya mengidap cacing, hari ini bertambah tiga,” jelas Nata.

Nata menambahkan, untuk kesebelas data sementara pihaknya mengaku masih menunggu kemungkinan adanya hewan kurban lain yang terdeteksi, mengingat waktu pelaksanaan pemotongan hewan kurban bagi umat islam terdapat perbedaan.

“Ada yang merujuk H+3 adalah waktu puncak, ada pula yang meyakini H+4, apapun perbedaannya kita terus menindaklajuti dengan pemeriksaan oleh petugas. Bagi warga yang telah menjadwalkan kurban pada H+4 segera hubungi Disbunnak Lambar, agar keberadaan cacing yang sangat berbahaya itu dapat diantisipasi oleh petugas ahli dibidangnya,” tukas dia.(Erwan/rifai)

Tulis Komentar

News Feed