oleh

Disdikbud Lambar Gelar Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Desa

Lampung Barat, – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Barat adakan sosialisasi Pemajuan Kebudayaan Desa yang berlangsung di Balai Pekon (desa) Kenali, Kecamatan Belalau.

Kabid Kebudayaan, Riyadi, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program prioritas Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PTT).

“Program tersebut merupakan platform kerja bersama untuk membangun desa mandiri melalui peningkatan ketahanan budaya dan kontribusi budaya desa di tengah peradaban dunia,” jelas Riyadi mendampingi Kepala Disdikbud Lambar, Bulki, Kamis (22/7/2021).

Dengan demikian kata Riyadi, pemerintah Pekon Kenali mengundang Disdikbud Lambar sebagai pemateri sosialisasi yang turut dihadiri camat terkait.”Selain bapak camat, hadir juga para pendamping lokal desa, jajaran pemerintahan pekon setempat, tokoh agama dan masyarakat serta linmas pekon,” paparnya.

Baca Juga :  Gelaran Adu Tanding Sirkuit Pencak Silat, Atlit Lambar Borong Point

Riyadi pun mengungkapan ada dua pekon di Lambar yang masuk kategori program pemajuan kebudayaan desa kerjasama Kemendikbud dan Kemendes PTT tersebut yakni Pekon Kenali Belalau dan Purajaya di Kecamatan Kebun Tebu.

“Penentuan Pekon Kenali sebagai salah satu pekon yang mendapatkan program pemajuan kebudayaan desa karena di sana ada Rumah Pesagi yang merupakan cagar budaya dan warisan budaya tak benda dari sisi teknologi tradisional pembuatannya,” ungkapnya.

Untuk di Pekon Purajaya lanjutnya, memiliki cagar budaya dan warisan budaya tak benda ialah situs megalitikum Batu Brak.

Riyadi pun menegaskan, tujuan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan mewujudkan semangat gotong royong untuk membangun Pekon Kenali dari sisi kebudayaan, sehingga akan tercapai tujuan dari program Pemajuan Kebudayan Desa.

Baca Juga :  Lambar Monev PTM Di Sejumlah Titik

“Yaitu adanya pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan dana desa untuk pemajuan kebudayaan melalui penyusunan Dokumen Pemajuan Kebudayan Desa sebagai modal penyusunan RPJMDes,” tegasnya.Pantauan haluanlampung.com, acara sosialisasi yang dibuka resmi oleh camat Belalau Akmal Hakim tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, dirinya turut mendukung program dimaksud dan berharap pekon yang berada di ujung kecamatan Belalau itu menjadi acuan khususnya melestarikan kebudayaan.”Semoga melalui program ini dimasa mendatang Pekon Kenali dapat menjadi percontohan dalam hal Pelestarian dan Pembangunan Kebudayaan bagi Pekon-pekon lainnya,” harap dia.

Sementara itu, Peratin Pekon Kenali, Rustam, pun mengaku akan serius mewujudkan dan mendukung program kemajuan desa dan bakal menganggarkan dana yang bersumber Dana Desa.”Nanti akan dibahas bersama LHP melalui perubahan dana desa akan dianggarkan pembiayaan yang mendukung kebudayaan lebih intensif lagi,” tukasnya.(Erwan/rifai)

Tulis Komentar

News Feed