oleh

Refhuffle: Hasrat Teten Masduki?

Oleh: Iwa Perkasa

ADA yang menarik dari kedatangan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kemarin, Rabu (08/09). Dia tak hanya bicara soal koperasi dan UKM yang menjadi bidangnya, tetapi juga bicara soal pentingnya vaksin yang menurut pendapatnya adalah kunci untuk memulihkan ekonomi Indonesia. Soal vaksin, jelas bukan bidang kerjanya. Termasuk soal pangan, juga bukan tugas dan tanggungjawabnya, melainkan tugas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Mungkinkah ini tanda Teten Masduki berhasrat menjadi mentan,

Kemarin, mungkin Syahrul Yasin Limpo (SYL) tidak melakukan kunjungan ke mana-mana. SYL, mungkin tengah memimpin rapat bersama  sejumlah dirjennya di kementan di Jakarta.

Di saat Mentan tak ke mana-mana itulah, Menkop/UKM Teten Masduki memerankan diri, seolah-olah, telah menjadi menteri pertanian.

Baca Juga :  Daerah Jangan Latah dan Omong Kosong

Teten memainkan peran itu saat berkunjung kerja ke Lampung, persis saat Syahrul Yasin Limpo tengah memimpin rapat bersama dirjennya.

Teten dalam acara Pengarahan Model Bisnis Pengembangan Koperasi Sektor Pangan di Bandarlampung, mengatakan dirinya siap menjadikan Provinsi Lampung sebagai lumbung pangan nasional.

Ada Hal itu bisa dia wujudkan karena, katanya Lampung punya potensi besar di sektor pertanian.

“Lampung punya banyak komoditas unggulan seperti gula, kopi, nanas, udang, beras, pisang, coklat, dan jagung. Apalagi gubernurnya orang pertanian,” katanya.

Teten telah memainkan perannya dengan sangat baik. Dia totally. Isu ketahahan pangan dan optimismenya: Lampung menjadi lumbang pangan merupakan kode keras sekaligus menegaskan hasratnya agar Presiden Jokowi memilihnya menjadi Menteri Pertanian.

Baca Juga :  Daerah Jangan Latah dan Omong Kosong

Baik kode, atau pun hasrat itu berjalan seiring dengan isu reshuffle kabinet yang kini tengah menghangat.

Relawan Jokowi Mania (JoMan) memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle kabinet dalam waktu dekat ini. Joman menduga finalisasi utak atik jabatan menteri terjadi pada Oktober 2021 mendatang.

Itu berarti bulan depan, tidak lama lagi. Dan jika kode itu benar, dan hasrat Teten terkabulkan, maka bulan depan Presiden Jokowi akan melantik Teten  menjadi Menteri Pertanian. (*)

Tulis Komentar

News Feed