oleh

Sasar Masyarakat Umum, Kepaksian Buay Bejalan Diway dan Polres Lambar Distribusikan 347 Dosis Vaksin

 

Lampung Barat – Salah satu kerajaan adat Paksi Pak Sekala Bekhak, Kepaksian Buway Bejalan Diway di Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak berhasil mendisribusikan sejumlah 347 dosis vaksin bagi masyarakat setempat.

Vaksinasi tersebut diketahui program antara kerajaan adat wilayah setempat bekerjasama dengan Kepolisian Resort (Polres) Lampung Barat (Lambar) dan Puskesmas Batu Brak, Rabu (13/10/2021).

Rinciannya, 200 dosis vaksin jenis Astrazaneca dari Kepolisian dan 147 dosis lainnya jenis Sinovac berasal dari Puskesmas setempat.

Begitu dikatakan Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) IPTU Suherman, SH., menurutnya vaksinasi dimaksud merupakan upaya percepatan heard imunity bagi masyarakat dengan melibatkan sektor pemilik basis masyarakat salah satunya unsur kerajaan adat.

Karena kata IPTU Suherman, SH., pihaknya sebagai corong dan garda terdepan untuk menyukseskan vaksinasi oleh pemerintah pusat hingga daerah yang menyasar masyarakat hingga pelosok.

Baca Juga :  Enam Atlet PWI Lambar, Siap Berlaga Di Porsiwo Lampung

“Antusias masyarakat pekon setempat secara khusus terbilang tinggi, bahkan 200 dosis yang kami siapkan habis tidak sampai waktu zuhur,” kata IPTU Suherman, SH., mendampingi Kapolres Lambar, AKBP Hadi Saepul Rahman, S.IK saat di temui awak haluanlampung.com, Rabu (13/10/2021).

“Latar belakang antusiasme masyarakat ialah karena tingginya kesadaran dan kebutuhan menjaga kesehatan ditengah pandemi meski trendnya Covid-19 mulai turun, kami apresiasi itu,” imbuhnya.

Kendati alokasi 200 dosis yang disiapkan tidaklah fastastis kata IPTU Suherman. Pasalnya, karena pihak kepolisian secara maraton dan massif juga melakukan vaksinasi serupa di berbagai tempat. Sehingga jumlah besar pun terbagi.

Kemudian, Kepala Puskesmas Batu Brak, Nezwan, melalui PJ Imunisasi, Asri Triwahyu Aji menambahkan, pihaknya sebagai tenaga kesehatan dan vaksinator kerap menjalin kerjasama dengan berbagai pemangku kepetingan dalam melaksanakan vaksinasi.

Baca Juga :  Pemkab Lambar Kebut Geopark Suoh Dengan Praktisi Ahli

“Kemarin, Selasa (12/10/2021) kami juga dilibatkan oleh Bank BRI Liwa untuk melakukan vaksinasi dengan jumlah yang besar, alhamdulillah 684 dosis vaksin berhasil terdistribusi,” akunya.

“Hari ini kami menambahkan 174 dosis jenis Sinovac sebagai sinergitas dengan pihak kepolisian sebagai upaya pemerataan vaksinasi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Lanjut Asri, sejatinya pelaksanaan vaksinasi yang dipusatkan di latar istana Kepaksian Buay Bejalan Di Way Pekon Kembahang tersebut tidak hanya untuk pekon setempat melainkan bagi pekon tetangga yakni Negeri Ratu dan Sukaraja.

Sementara itu, struktural kepaksian dimaksud sekaligus Juru Bicara, Pemapah Dalom Kepaksian Bejalan Di Way Yudistira Puspanegara gelar Raja Junjungan Paksi mengatakan hal tersebut secara khusus untuk mendukung pemerintah dan TNI Polri sebagai percepatan vaksinasi.

Baca Juga :  Bertandang Ke Lambar, Riana Sari Arinal : Menyumbang Darah Itu Mulia

“Secara khusus untuk mendukung tercapainya 100 persen vaksinasi bagi warga adat pekon kembahang, dan secara umum untuk masyarakat kecamatan batu brak,” katanya mewakili pimpinan adat Suttan Jaya Kusuma IV, Salayar Akbar Puspanegara, Suttan Sekala Bekhak Ke-XX.

Masih kata atin Yudi sapaan khas Pemapah Dalom Kepaksian Bejalan Di Way Yudistira Puspanegara gelar Raja Junjungan Paksi, pihaknya turut mengapresiasi dan menghanturkan terimakasih atas kepercayaannya kepada Buway Bejalan Diway sebagai sasaran dan lokasi vaksin.

“Terimkasih kami ucapkan kepada Polres Lambar, Puskesmas Batu Brak atas sinergitasnya, kami meyakini pola semacam ini langkah efektif dan tetap sasaran,” pungkasya.

(E/Fai)

Tulis Komentar

News Feed