oleh

Dinsos Pringsewu Ikut Pelatihan Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan

 

Pringsewu – Satgas Pemadam Kebakaran Pringsewu selenggarakan Pelatihan Penggunaan alat Pemadam Api Ringan bagi pegawai Dinsos, Selasa, (19/10/2021), di halaman kantor Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu.

Penggunan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan sebuah keterampilan dan pengetahuan, Setidaknya setiap individu yang bekerja di lingkup perkantoran maupun dilapangan wajib memiliki pengetahuan terkait cara menghadapi bahaya kebakaran dan menanggulanginya dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Satgas Pemadam Kebakaran kabupaten Pringsewu.

Agus Purnomo Kasi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Pringsewu, melaksanakan pengechekan dan penarikan Retrisbusi serta memberikan pengarahan dan pemahaman seputar pencegahan kebakaran dan memadamkan api dengan APAR

Agus Purnomo mengatakan, pada kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Dinas Sosial ,Sekretaris serta Pegawai Dinas Sosial Pringsewu dengan sangat antusias.

Ditambahkan Agus Purnomo, sesuai Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 26/PRT/M/2008 tentang Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan, pengelola dan pemilik Gedung wajib menyediakan Sistem Proteksi Kebakaran Aktif yang secara lengkap terdiri atas Sistem Pendekteksian Kebakaran baik Manual maupun Otomatis.

“Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan, pengelola dan pemilik Gedung wajib menyediakan Sistem Proteksi Kebakaran Aktif,” jelas Agus punomo yang secara jelas lengkap terdiri dari sistim pendekteksian kebakaran baik manual maupun otomatis saat dihubungi haluanlampung.com (19/10/2021).

Sistem Pemadam Kebakaran Berbasis Air seperti Springkler, Pipa Tegak dan Slang Kebakaran serta Sistem Pemadam Kebakaran Berbasis Bahan Kimia sepertio Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Pemadam Khusus.

Pada kesempatan lain, Edi Pamungkas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pringsewu, menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor : 16 tahun 2013 tentang Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran dan Peraturan Bupati Pringsewu Nomor : 47 tahun 2019 tentang Peninjauan Kembali Tarif Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran, pemilik Alat Pemadam Kebakaran termasuk APAR juga memiliki kewajiban membayarkan Retribusi Daerah atas Jasa pengechekan dan pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim maupun Satgas Damkar Kabupaten Pringsewu, ucap Edi Sumber Pamungkas.

Di lain pihak ,Kepala Dinas Sosial Titik Puji Lestari, mengatakan, Kami Dinas Sosial segaja meminta Tim Satgas Damkar untuk melakukan demo dan praktek penggunaan APAR ini, agar ketika terjadi musibah kebakaran semua karyawan dan pegawai pada Dinas kami dapat mengantisipasi dan mengunakan APAR agar tidak terjadi kebakaran yang semakin meluas, ujarnya singkat.(Her)

Tulis Komentar

News Feed