oleh

Ada Penebangan Pohon Liar Di Hutan Kawasan Tanggamus

 

Tanggamus- Penebangan pohon liar di hutan kawasan register 39 banding blok-5 kem Pekon gunung doh Kec. Bandar Negri Semuong, Kab. tanggamus. Jum’at, (22/10/2021).

Disinyalir penebangan pohon liar sudah seminggu yang lalu di hutan kawasan register 39 daerah banding blok-5 kem dilakukan pada malam hari, dan baru 2 hari ini diketahui oleh aparatur pekon.

Lokasi penebangan liar di hutan kawasan banding blok-5 kem dipemukiman lingkungan rumah Hi. Marhasi dan ibu Hj.Isah.

Kepala Pekon Gunungdoh Muzakkir mendapatkan informasi dari masyarakat tetang adanya penebangan kayu jenis cempaka di Register 39.

“Saya dapat laporan dari warga Di blok 5 (Register 39) ada kayu yang ditebang Katanya punya juragan kopi” katanya.

Baca Juga :  PERWOSI Tanggamus Terjunkan Satu Tim Dalam Perlombaan Senam Lampung Berjaya

Setelah di cek di lapangan oleh Kepala pekon MUZAKKIR beserta aparatur dan didampingi langsung dari pihak Kepolisian Kasubsektor IPDA ARIEF JANTO. S.IP,
Kayu yang ditebang dikawasan hutan liar berupa Cempaka berukuran 150 cm sampai 200 cm yang berbentuk balok dan kasau.

Pada waktu malam jum’at sekitar pukul 23:00 WIB, Bambang beserta rekan rekan yang Wan, Deva, Oki, Irman, Rudi dan Cip sedang mengangkat kayu ke mobil dum truck, lalu dihalangi oleh M. Roni selaku adik dari kepala pekon dan di bantu oleh warga bahkan sempat akan ditabrak dan mobil dum truck pun lolos membawa 40 kayu cempaka hasil tebangan liar di kawasan hutan blok-5 kem.

Baca Juga :  Pekon Talang Lebar Gelat Musdesus Penetapan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial 2021

Bambang selaku pekerja yang mengangkat kayu hasil tebangan liar itu pun mengungkapkan
” Saya beserta 7 rekan lain nya, hanya dimintai tolong saja oleh pak Tam, saya tidak tahu berapa bayaran kami yang jelas kami belum menerima sepeser pun bayaran dari hasil mengangkat kayu cempaka untuk naik kemobil dum truck.” Ujarnya

Hasil cek lokasi oleh kepala pekon Muzakkir dan dari kepolisian Kasubsektor Ipda Arief Janto.s.ip, penemuan pertama ditemukan 1 tunggul yang dalam keadaan tertutup dengan ranting pohon didalam kebon Hj.Marhasi,
Penemuan kedua 6 tunggul lain nya ditemukan di pinggir jalan blok-5 kem belum lagi yang lainnya total penebangan pohon liar berjumlah 13 batang yang sudah terbentuk balok dan kasau, 4 batang yang belum dibentuk dan masih dalam keadaan baru dirubuhkan.

Baca Juga :  Gerai Vaksin Dibuka Di Pekon Banjar Agung Udik dan Banjar Agung Ilir

Kayu tersebut berasal dari Kawasan Hutan Liar (HL) pinggir jalan di area lingkungan Banding blok-5 kem Pekon gunung Doh Kec.Bandar Negri Semuong, Kab.Tanggamus. (Ant/Bas)

Tulis Komentar

News Feed