oleh

Limbah Medis Posyandu Tiyuh Tunas Jaya, Kepala Puskesmas dan Dinas Kesehatan Bungkam, Komisi II DPRD Angkat Bicara

 

Tulang Bawang Barat – Menindak lanjuti pemberitaan terkait sampah medis kesehatan yang berserakan di lokasi posyandu Tiyuh Tunas Jaya Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulangbawang Barat, hingga saat ini Sri Widodo selaku Kepala puskesmas Dwikora belum memberikan keterangan. Senin (25/10/2021).

Berdasarkan Investigasi yang dilakukan pewarta untuk mendapatkan keterangan mengenai pemberitaan ke pihak terkait. Deddy Kepala Seksi Kesehatan Kerja dan Olahraga yang membidangi sampah medis kesehatan tidak bisa memberikan keterangan.

“Saya tidak sanggup, ya kalau mau ngobrol biasa. Yang jelas temui dulu pak kadis, sekretaris nanti mereka komunikasi dan arahan. Kita belum ada komunikasi, biasanya beliau itu saya dipanggil mendampingi beliau,” terangnya saat ditemui di ruangan.

Baca Juga :  Polres Tubaba Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor

Terkait pihak dinas kesehatan yang belum siap diwawancarai untuk dimintai tanggapan atas sampah medis tersebut. Gunawan Agung Kuncoro anggota Komisi II DPRD Kabupaten Tubaba angkat bicara.

“Tidak ada alasan dia tidak memberi tanggapan, seharusnya dia memberikan tanggapan dan itu menjadi tolak ukur kinerja dia, artinya pemantauan dia dilapangan terkait sampah medis atau pun masalah dinas kesehatan yang dibidang dia tidak memantau sampai bawah, itulah perlunya orang yang mengerti,” cetusnya.

Lanjut Gunawan menegaskan “ini bukan masalah tanggapan, seharusnya dia menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat. Mereka seharusnya turun lapangan, lihat dan beri teguran kepada pihak puskesmas, itu merupakan tugas dan tanggung jawab dia. Dia itukan digaji pemerintah, negara karena dia punya tanggung jawab, kalau kayak gitu tidak boleh.” tegasnya.

Baca Juga :  Dua Pemudi di Tubaba Tertangkap Akibat Penyalahgunaan Narkotika

Gunawan Agung Kuncoro juga menjelaskan secara jabatan memang ada Sekretaris dan Kepala Dinas namun secara tugas kerja seharusnya yang membidangi memberikan keterangan langkah apa yang akan diambil pihak Dinas Kesehatan.

” Sangat disayangkan mendengar jawaban seperti itu, seharusnya pihak dinas kesehatan harus menindaklanjuti dan memverifikasi terkait apa yang menjadi masalah”pungkasnya.

Sisi lain Artikel sebelumnya dengan judul Limbah Medis Berserakan di Lokasi Posyandu Tiyuh Tunas Jaya. Eka Riana Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) saat ditemui diruangannya mengatakan, pihaknya akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap pihak puskesmas yang membina posyandu tersebut.

“Akan kita telusuri dari mana asal limbah tersebut, tentunya bila itu petugas pelayanan kesehatan sudah tau tentang SOP limbah,” tegasnya.(sumadi)
(Yuda)

Tulis Komentar

News Feed