oleh

Ikon Nusantara, PENCAK SILAT Menjadi Salah Satu Kebanggaan Indonesia

 

Siapa yang tak mengenal PENCAK SILAT??, yaa budaya bangsa yang diturunkan oleh nenek moyang bangsa INDONESIA dan sampai saat ini masih mempertahankan nilai keluhurannya menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang, khusus nya generasi muda.
Seni beladiri ini selain menjadi pelindung pada diri seseorang juga menjadi cabang olahraga yang memiliki segudang prestasi, semua itu terbukti dengan banyaknya atlet pencak silat Indonesia yang menang dalam berbagai kejuaraan besar seperti, ASEAN GAMES, SEA GAMES, PON dll.
Memang didalam mempelajari ilmu beladiri ini banyak sekali kesulitan dalam melakukan gerakannya, namun semua itu tak luput dari tujuannya yakni agar dapat membentuk jiwa dan raga yang kuat, tak hanya dalam hal kekuatan pencak silat juga memiliki ciri khas di dalam setiap gerakannya, gerakan yang terlihat lembut dan lihai namun memiliki fungsi yang mematikan sering menjadi tipuan bagi lawan.
Dahulu nenek moyang bangsa Indonesia telah memiliki cara pembelaan diri yang ditujukan untuk melindungi dan mempertahankan kehidupannya atau kelompoknya dari tantangn alam. Mereka menciptakan beladiri dengan menirukan gerakan-gerakan binatang di alam sekitar seperti, harimau, ular, burung, dll.
Ada 4 Aspek yang diajarkan dalam beladiri pencak silat ini antara lain, Aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek beladiri, dan aspek olahraga.
Dengan banyak nya kelebihan yang dimiliki didalam ilmu beladiri ini sehingga Pencak Silat dikatakan sebagai salah satu ikon yang membanggakan bangsa Indonesia.

Tulis Komentar