oleh

Penis Sakit Terjepit Resleting, Jangan Tarik-tarik Begini Cara Mengatasinya!

Penis sakit terjepit resleting, setiap laki-laki tentu pernah mengalaminya. Sepele, memang, tapi rasa sakitnya lumayan menyiksa, bahkan bisa berujung ke UGD.

Insiden “kecelakaan tunggal” ini kerap terjadi karena mengantuk atau terlalu buru-buru menarik resleting saat membuka atau memakai celana.

Karena sepele, maka tak banyak orang yang tahu cara mengatasinya. Para orang tua pun, bahkan sering kebingungan ketika petaka ini menimpa anaknya yang tiba-tiba menjerit-jerit kesakitan burungnya terjepit resleting.

Sebuah pertanyaan yang ditulis haluanlampung di WAG alumni SMP 9 Padang mengonfirmasi kurangnya pengetahuan orang tua tentang cara mengatasi burung anaknya bila terjepit resleting.

“Ini terkait pengalaman bapak2/ibu ketika membantu anak laki laki kecilnya terjebak dalam sakit ‘burungnya terjepit resleting’. Bagaimana mengatasinya. Apakah menarik resleting ke atas atau ke bawah?”

Baca Juga :  Daster Disaster

Ada yang menjawab ke atas, ke bawah, dan ada pula yang menjawab ke samping.

Semua jawaban itu tentu bikin ngilu. Sebab, ditarik ke mana pun pasti akan sakit sekali. Mungkin, burungnya bisa bebas dari jepitan resleting, tapi sakitnya lumayan “pedas”. Dan, sangat mungkin bisa berdarah-darah.

Bagi orang tua yang tak kuat mental memilih membawa anaknya ke Unit Gawat Darurat. Ketika insiden ini berulang, mama papa kembali melakukan hal yang sama: mengevakuasi anaknya ke UGD.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Prof Dr Steven M Selbst, seorang dokter anak dari Jeffersson Medical College menyarankan agar kulit yang terjepit dilumuri dengan minyak bayi (baby oil).

Baca Juga :  Daster Disaster

Bisa juga digunakan minyak lain yang aman dan bisa melicinkan mencegah irtasi.

Papa mama cukup melumuri daging penis dan resleting dengan minyak bayi selama 20-30 menit sampai kulit yang terjepit akan lepas dengan sendirinya.

Sementara Prof Selbst dalam sebuah pertemuan yang diadakan oleh American Academy of Pediatrics, seperti dikutip dari Familypracticenews mengatakan minyak yang dilumurkan pada kemaluan anak dengan sendirinya akan melumasi permukaan kulit yang bersentuhan dengan resleting.

Dalam beberapa saat, kulit akan lepas atau jika tidak maka tinggal dibantu dengan ditekan pakai kain katun.

Ada pula yang menyarankan jalan pintas yakni dengan memotong resletingnya, tapi menurut Prof Selbst tindakan itu tidak efisien. Karena selain merusak celana, menurutnya cara tersebut kadang-kadang tidak berhasil jika resletingnya terbuat dari logam seperti pada celana jins. (iwa)

Tulis Komentar