oleh

Sistem Saksi Catin, Produk Kemenag Lambar Permudah Layanan Pernikahan

LAMPUNG BARAT – Sistem Informasi Catatan Perkawinan (Saksi Catin), produk Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Barat diyakini dapat mempermudah pelayanan pernikahan di kabupaten setempat.

Kepala Kantor Kemenag Lambar, Maryan Hasan, mengatakan hal tersebut usai penandatanganan kerjasama yang melibatkan Dinas Pendudukan Catatan Sipil dan Pengadilan Agama Krui yang berlangsung di Masjid Nurul Ilmi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lambar, Kamis (2/6/2022).

“Semoga dengan dilakukannya kerjasama ini dapat mempermudah dan mempercepat pemerintah dalam melayani masyarakat khususnya dibidang catatan sipil,” ujar Maryan Hasan.

Khususnya lanjut dia, dapat mempermudah para calon pengantin dalam menjalani prosedur pernikahan yang semula menempuh metode konvensional.

“Harapannya melalui kerjasama ini, ketika telah terjadi Ijab Kabul pasangan suami istri, selain langsung mendapatkan buku nikah mereka juga langsung mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah bersetatus tidak lajang lagi dan Kartu Keluarga (KK),” harapnya.

Baca Juga :  Usai Libur Sekolah, Siswa MIN 2 Lambar Hasilkan Sofa Ecobrick

Selain itu katanya, melalui mekanisme digitalisai program bernama Saksi Catin itu menjadi salahsatu solusi bagi Pemkab setempat terkait data kependudukan.

“Mudah-mudahan pelayanan ini dapat membantu bapak bupati Lampung Barat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat,” terangnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Lambar Parosil Mabsus mengapresiasi dan mendukung penuh program Kemenag Lambar dalam yang solutif khususnya pendataan pernikahan berikut catatan keadministrasian terkait pencatatan buku nikah, Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.

“Karena selama ini yang memang masih menjadi kendala ialah usai dilakukan ijab kabul pernikahan, namun Kartu Tanda Penduduknya tidak dapat segera berubah statusnya dari lajang menjadi menikah,” ungkap pakcik sapaan Parosil Mabsus.

Baca Juga :  Giliran 89 Calon Warga PSHT Ranting Sekincau dan Batuketulis Jalani Tes Ayam

Parosil berharap melalui kerjasama tersebut terdapat makna kolaborasi yang bersinergi antara pengadilan agama dan Dinas Kependudukan, agar kedepannya pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih baik.

Utamanya, sinergitas dalam bidang kesehatan yang dewasa ini menjadi fokus seluruh stakeholders terkait penurunan angka stunting.

“Kedepannya diharapkan kementerian agama dapat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Diskes) untuk menciptakan keturunan yang sehat dan cerdas,” tandasnya.

Hadir pada kesempatan diatas, Kepala Kanwil Prov diwakili Kepala Tata Usaha Bagian Kantor Dr. Marwansyah, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Barat Maryan Hasan, S.Ag., M. Pd. I, Kepala Pengadilan Agama Lampung Barat Seri Nuraini Majid.

Kemudian, para Kepala Kementerian Urusan Agama dan Kepala Pengadilan Agama Krui Sri Nur’ainy Madjid, S.H.I serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Para Dewan Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lampung Barat

Baca Juga :  Lampung Barat Bakal Ada Sekolah Ikan

(En/Pai)

Tulis Komentar