oleh

Pelatihan Tapis dan Pengemasan Semarak Krui Fair 2022

Pesisir Barat  – Pelatihan Tapis Dan Pengemasan Serta Temu Bisnis UKM Kab Pesisir Barat

Masih dalam rangkaian kegiatan Krui Fair 2022, Bupati Pesisir Barat menghadiri Kegiatan Pelatihan Tapis dan Pengemasan serta Temu Bisnis yang berlokasi di Gedung Sentra UKM Dekranasda Pesisir Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Dekranasda Pesisir Barat Hj Septi Istiqlal, Unsur Forkopimda Lambar-Pesibar, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana, Pemateri Pelatihan, Perwakilan Bank Lampung dan Peserta Pelatihan UMKM.

Dalam Pelatihan Tapis dan Pengemasan serta Temu Bisnis UKM tersebut ada dua jenis Model Pelatihan yaitu Pelatihan UMKM dan Pelatihan Tapis Lampung. Temu Bisnis dan Pelatihan UMKM tersebut mengusung tema “Transformasi Tapis Krui Dari Produk Budaya Menjadi Produk Mendunia”.

Dalam kegiatan Pelatihan Tapis dan Pengemasan serta Temu Bisnis tersebut dilanjutkan dengan Peninjauan lokasi Sentra Kampung Tapis yang berlokasi di Pekon Way Sindi Kecamatan Karya Penggawa.
Senin ((13/06/22) Di Way Krui.

Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H.,M.H menyampaikan, kegiatan pelatihan ini menjadi sarana pengenalan kebudayaan khas Lampung, dan Kegiatan ini merupakan kesempatan peserta untuk berlatih sulam Tapis Lampung.

Berharap dengan adanya kegiatan temu bisnis antar pelaku usaha UMKM di Kabupaten Pesisir Barat dapat saling tukar menukar informasi tentang perkembangan produk agar terjalin kemitraan. Ujar Agus Istiqlal

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Pesisir Barat Septi Istiqlal menyampaikan saat ini Kabupaten Pesisir Barat memiliki aneka produk kerajinan, salah satunya yaitu Kerajinan Sulaman Tapis yang sudah turun temurun di kembangkan dalam masyarakat kita.

Kerajinan Sulaman Tapis Kabupaten Pesisir Barat merupakan salah satu yang terbaik dan unggulan di Provinsi Lampung.

Hal itu dikarenakan Teknik pengerjaan yang digunakan adalah Teknik pengerjaan yang cukup rumit dengan kontrol kualitas yang tinggi, Sehingga menjadikan Produk Kerajinan Sulaman Tapis menjadi bernilai tinggi namun seimbang dengan kualitas yang dihasilkan. Ucap Septi Istiqlal

Saat ini pelaku usaha Kerajinan Sulaman Tapis berjumlah 600 perajin yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat, selain kerajinan tapis terdapat produk kriya lain yang sudah di kembangkan oleh para pelaku UMKM Pesisir Barat.

Lanjutnya, Potensi UMKM Kabupaten Pesisir Barat juga telah mengambil peran pentingnya masing-masing, mulai dari aneka produk olahan sampai dengan perdagangan dan jasa yang ada di Kabupaten Pesisir Barat. UMKM hari ini sudah berjumlah 5.104 pelaku UMKM yang menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam membangun perekonomian masyarakat. Tutupnya (Rivaldi).

Tulis Komentar