oleh

Reshuffle Kabinet: Siapa yang Digeser?

-POLITIK-227 Dilihat

ISU reshuffle kabinet kencang sejak kemarin, bahkan santer akan diumumkan Rabu (15/06) ini.

Isu itu kian menguat setelah sejumlah tokoh dan menteri dipanggil dan datang ke Istana Kepresidenan kemarin.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung tidak membantah kabar mengenai bakal ada reshuffle jilid 3 di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ini.

“Karena pemerintahan ini masih dua tahun lagi sehingga dengan kebutuhan itu Presiden yang memutuskan,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Dari informasikan yang dikumpulkan media ini, sejumlah posisi di Kabinet Indonesia Maju yang kemungkinan bergeser di antaranya Menteri Perdagangan M Lutfi dikabarkan akan menjadi Menteri Luar Negeri.

Diketahui, M Luthi sangat terkenal lantaran kelangkaan minyak goreng yang menjadi tanggungjawabnya dan kasus mafia minyak goreng yang menyeret salah satu dirjen di kementerian yang dipimpinnya.

Baca Juga :  Politik Pilgub Lampung Sudah Dimulai, Teriakan Arinal Dua Periode Menyusup pada Acara Bagi-bagi Sembako di Sawah Brebes

Posisi M Lutfi dikabarkan akan digantikan Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid.

Lutfi sendiri sudah memenuhi panggilan Presiden Jokowi di Istana kemarin sore.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil juga dikabarkan bakal digantikan Wakil Menteri ATR Surya Tjandra. Keduanya sudah dipanggil ke Istana.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikabarkan akan digantikan oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Pur) Hadi Tjahjanto.

Kemarin, Hadi telah memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

Sementara posisi Menteri Pertanian dikabarkan bakal bergeser dari Syahrul Yasin Limpo ke Rachmat Gobel yang saat ini menjabat wakil ketua DPR.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dikabarkan akan diganti oleh Direktur PLN Darmawan Prasodjo atau Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dikabarkan akan diisi oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Politik Pilgub Lampung Sudah Dimulai, Teriakan Arinal Dua Periode Menyusup pada Acara Bagi-bagi Sembako di Sawah Brebes

Dan mengejutkan, selain posisi menteri, akan ada posisi wakil menteri yang akan diisi kader PSI. Kemungkinan besar yang dipilih adalah Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni.

“Aku enggak tahu tuh, Aku kerja aja” 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo santer disebut termasuk salah satu menteri yang masuk dalam gelombang perombakan kabinet. Ia adalah salah satu menteri yang rajin berkunjung ke Lampung.

Namun, isu reshuffle yang berhembus kencang kemarin, seakan tidak perlu dipikirkannya.

“Aku enggak tahu tuh. Aku kerja aja. Aku mulai dari bawah kerjanya, kerja aja, semampu-mampu dan sekuat-kuatnya,” kata Syahrul kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/06).

Nama politisi Partai Nasional Demokrat itu belakangan ini memang jarang terdengar dan baru santer sejak rumor perombakan kabinet menguat.

Baca Juga :  Politik Pilgub Lampung Sudah Dimulai, Teriakan Arinal Dua Periode Menyusup pada Acara Bagi-bagi Sembako di Sawah Brebes

Sejumlah pengamat politik bahkan kelompok relawan pendukung Presiden Joko Widodo secara kerap menyebut nama Syahrul dalam jajaran menteri yang layak digantikan.

Kepada wartawan Syahrul mengaku tidak tahu menahu soal rumor reshuffle dan memilih fokus untuk mengerjakan tugasnya sebagai Mentan. Syahrul juga mengaku tidak pernah mendapat pemanggilan khusus dari Presiden Jokowi untuk membicarakan wacana perombakan kabinet.

“Enggak tadi rapat aja. Rapat dan salah satunya aku diminta untuk mempersiapkan beras cukup. Ya sekali-kali kita ekspor, aku lagi persiapkan itu,” katanya.(tim)

 

Tulis Komentar