oleh

Ujian Mendag Zulhas: Harga Cabai Mahal, Cepet Beresin Pak!

Ujian Mendag Zulhas: Harga Cabai Mahal, Cepet Beresin Pak! Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi. Momentumnya bersamaan dengan meroketnya harga cabai hingga 100 ribuan lebih sekilo di Tanah Air.

Tentu saja, Jokowi tidak secara spesifik menugaskan Zulhas untuk secepatnya dapat menekan gejolak harga cabai yang kini ramai dikeluhkan masyarakat. Tapi fakta bahwa mahalnya harga cabai sepatutnya jadi prioritas Mendag Zulhas.

Inilah ujian Zulhas, dan pas sekali dengan kisi-kisi yang disampaikan Presiden Jokowi saat melantik Zulhas menjadi Mendag di Istana Keprisidenan, Rabu (15/06/22).

“Yang berkaitan dengan rakyat memerlukan pengalaman lapangan, kerja-kerja langsung terjun ke lapangan untuk melihat langsung persoalan yang berkaitan dengan kebutuhan rakyat,” kata Jokow dalam konteks mengapa dia memilih Zulhas menjadi Menteri Perdagangan.

Sekali lagi, inilah ujian untuk Mendag yang baru ini: menekan harga cabai dan menstabilkan harga berbagai kebutuhan rakyat lainnya.

Haluan Lampung memperoleh informasi mengenai mahalnya cabai ini dari berbagai daerah. Di Lampung, harga cabai sudah menembus Rp100 ribu/kg, meski data Disperidag Lampung melaporkan harga cabai masih berada di bawah harga itu.

Di Jawa Tengah, harga cabai setan sudah menembus Rp 85 ribu/kg. Harga cabai merah pada tingkat pedagang pengecer di Aceh Besar dan Kota Banda Aceh tak kalah pedas. Di sana harga cabai merah menyentuh harga Rp100 ribu/kg.

Di Pasar Raya Solok, Sumatera Barat, harga cabai merah Rp95ribu/kg. Sempat turun Rp80 ribu/kh beberapa hari lalu, lalu melonjak kembali Rp95 ribu/kg.

Di Jakarta, berdasarkan laman https://infopangan.jakarta.go.id. disebutkan harga rawit merah dibanderol Rp107.227/kg. Harga cabai merah besar Rp83.642/kg, harga cabai rawit hijau Rp 79.909/kg

Di Pasar Baru Indramayu, harga cabai rawit merah saat ini mencapai Rp100 ribu/kg, atai naik “ceban” dibanding harga pekan lalu. Harga cabai rawit hijau berkilau Rp80 ribu/kg, padahal sepekan lalu masih kisaran Rp30 ribu-Rp 40 ribu/kg.

Di sini harga cabai merah masih lebih murah Rp70 ribu/kg, tapi persentase kenaikkannya gila-gilaan bila dibandingkan harga pekan lalu yang masih Rp30 ribu-Rp 40 ribu/kg.

Mahalnya harga cabai paling parah terjadi di di Pasar Pangkalpinang. Di sana harga capai Rp140.000 per kilogram. Banyak pedagang UMKM di sana yang menggerutu.

Di Banjarmasin, harga cabai kering ikut pula menggila, harganya Rp200 ribu/kg. Cabai kering di daerah ini dipasok dari Pulau Jawa. Karena terlalu mahal, banyak pedagang yang tidak berani menyetoknya.

“Tidak berani jual karena harganya mahal. Sekalipun ada yang beli, untungnya sedikit sekali,” ucap seorang pedagang.(iwa)

 

 

 

Tulis Komentar