oleh

Bupati Pesibar Buka Sosialisasi Bantuan KUR

Pesisir Barat – Bupati Pesisir Barat Dr.Drs Agus Istiglal.S.H.,M.H., menghadiri dan membuka secara lansung kegiatan Sosialisasi dan pemberian bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Lampung.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka diseminasi Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat,  di pasar way batu kec. Pesisir tengah, Selasa (21/06/2022).

Agus Istiqlal dalam sambutannya mengatakan “Kur merupakan kredit/pembiayaan modal kerja perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok,” katanya.

Dana KUR seluruhnya berasal dari dana Lembaga Keuangan penyalur KUR. KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan.

Sejak pertama kali diluncurkan, suku bunga KUR sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan.

“Dua tahun terakhir suku bunga KUR menurun dan kemudian diturunkan kembali menjadi sebesar 6%,” ucap Agus Istiqlal.

Lanjutnya LAL panggilan akrab Bupati pesibar, khusus di tahun 2022, kebijakan KUR yang ditetapkan pemerintah antara lain yakni, 1. Relaksasi kebijakan KUR pada masa Covid-19 perubahan kebijakan KUR untuk memperluas dan meningkatkan penyaluran KUR, 2. Sejalan dengan Permenko tersebut,skema Kur yang berlaku sejak 19 Januari 2022 antara lain: Kur Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus dan KUR PMI. Kata LAL

Bupati berharap, “Kegiatan semacam ini dapat turut membantu memecahkan permasalahan dan hambatan-hambatan penyaluran KUR yang terjadi di lapangan sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat terbantu untuk berwirausaha dan pada akhirnya tercipta masyarakat yang produktif,” tutupnya. (Rivaldi).

Tulis Komentar