oleh

Implementasi Ajaran Agama, SMPN 36 Tingkatkan Ketakwaan Siswa

Bandarlampung – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 36 Kota Bandarlampung menerapkan buku laporan sholat demi meningkatkan ketakwaan kepada siswa.

Kepala SMPN 36 Kota Bandarlampung, Yulva mengatakan, buku laporan sholat siswa bertujuan agar siswa paham bahwa sholat merupakan kewajiban yang harus dijalankan setiap hari.

“Karakter masyarakat di masa pandemi agak berkurang, maka itu untuk siswa yang beragama Islam membuat laporan sholat, agar orang tua juga memperhatikan kewajiban anaknya dalam beribadah,” katanya.

Lalu, untuk orang tua diwajibkan mengisi buku laporan setelah anak mereka sudah menjalani sholat fardhu.

“Secara rutin, orang tua mengisi dan menandatangani buku laporan sholat. Orang tua juga harus mengisi keterangan jika anak mereka tidak sholat, misalnya ketiduran atau main,” terangnya.

Baca Juga :  Siapkan Kurikulum Merdeka, UPT SMPN 16 Bandarlampung Akan Gelar IHT IKM

Kemudian, orang tua bersama guru wali kelas akan membahas terkait isi buku laporan tersebut.

“Setelah itu dikomunikasikan oleh orang tua dan wali kelas terkait perkembangan siswa tersebut dalam menjalankan ibadah setiap bulannya di sekolah,” ujarnya.

Dari penerapan buku laporan sholat oleh SMPN 36 Kota Bandarlampung mendapatkan dukungan yang positif oleh orang tua siswa.

“Oang tua sangat mendukung, dengan adanya buku laporan sholat anak-anak mereka jadi rajin sholatnya,” ungkapnya.

Selain itu, untuk siswa non muslim juga diberikan arahan untuk menjalankan ibadahnya.

“Untuk yang agama non muslim seperti Kristen kita arahkan ke gereja masing-masing tetapi tetap dipantau oleh sekolah untuk perkembangannya,” ucapnya.

Baca Juga :  Buntut Perkara Kades Rawa Selapan: Didzolimi, FKMFHL Berniat Lakukan Perlawanan Hukum Terkait Ujaran Kebencian

Yulva berharap, dengan penerapan keagamaan dapat meningkatkan ketakwaan kepada siswa.

“Hal tersebut untuk membentengi perilaku siswa agar tidak bertentangan dengan kepercayaan masing-masing,” harapnya. (Anca)

Tulis Komentar