oleh

Car Free Day di Lambar Sukses, Sentra UMKM Bertumbuh dan Pelayanan Optimal

Car Free Day di Lambar Sukses Digelar, Sentra UMKM Bertumbuh dan Pelayanan Optimal

LAMPUNG BARAT – Perdana digelar, hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day di Kabupaten Lampung Barat berlangsung meriah, rencananya kegiatan serupa akan rutin diadakan satu bulan sekali.

Selain ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, kegiatan yang digagas oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan ini sebagai pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19.

Pasalnya, terdapat Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kuliner yang menjajakan beragam produk di sepanjang lokasi CFD, mulai Tugu Kayu Akha Liwa hingga Wisata Air Ham Tebiu, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit.

Baca Juga :  Sambangi Korban Kebakaran, Bupati Parosil Beri Bantuan di Way Tenong

Bahkan, turut diwarnai berbagai pentas kesenian, bahasa, marching band, pemeran serta lomba kreasi. Layaknya Car Free Day di kota besar lainnya.

“Selain menjaga kebugaran tubuh, Car Free Day ini harapannya dapat menumbuh kembangkan produk-produk lokal masyarakat,” ujar Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dalam kesempatan Launching CFD , Minggu (26/6/2022).

Hal tersebut terangnya, selaras dengan tagline cinta produk dalam negeri dan beli produk dalam negeri yang kian digencarkan oleh Kementerian hingga oleh OPD terkait.

“Alhamdulillah berkat rahmat allah SWT serta doa, ikhtiar perjuangan dan ketegaran kita bersama kegiatan seperti ini sudah dapat dilakukan,” ungkap Parosil.

Karena hematnya, bila berkaca pada dua tahun silam ditengah badai pandemi, sulit rasanya bila melakukan aktifitas keramaian dengan berbagai keterbatasan dan pengetatan.

Baca Juga :  Kawanan Gajah Liar Satroni Kantor Camat Suoh

“Insha Allah, Car Free Day ini akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali, karenakan olahraga merupakan bagian penting dari kehidupan kita agar tetap sehat,” katanya.

Termasuk hematnya, Car Free Day potensial sebagai inovasi pelayanan langsung bagi masyarakat sebagai upaya membantu dan menjawab problematika terutama pada proses administratif.

Hal itu terlihat adanya beberapa pelayanan publik di lapangan, diantaranya pelayanan kesehatan, administrasi, kependudukan, kesehatan hewan, perizinan dan ambulan hebat.

“Kedepannya, semoga Car Free Day ini bukan yang terakhir kalinya dan masyarakat diharapkan tetap antusias dengan adanya kegiatan ini,” harapnya.

Salah satu peserta, Kholik, memberikan statement terkait acara CFD perdana di Kabupaten setempat. Dirinya mengapresiasi terobosan Pemkab setempat utamanya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Baca Juga :  Parosil Mabsus Jadi Warga Kehormatan PSHT

“Semoga aja acara semacam ini rutin diadakan, masyarakat saya rasa bakal senang. Karena selain berolahraga tujuannya juga untuk berburu jajanan dan jumpa para kerabat dan saudara,” singkatnya.

Tampak hadir, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Pj Sekda, Drs. Adi Utama dan Asisten, Staf ahli Bupati hingga Kepala perangkat daerah setempat.

(En/Pai)

Tulis Komentar