oleh

Kunker di Sekretariat PWI Lambar, Wirahadikusumah Bahas Sejumlah Program

 

LAMPUNG BARAT – Selain melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) dan silaturahmi di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Barat, jajaran PWI Lampung bahas sejumlah program yang bakal dihadapi pada waktu mendatang, Senin (27/6/2022).

Turut hadir dalam kesempatan diatas, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah didampingi Sekretaris Andi Panjaitan, Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Juniardi, Yusuf Ramadhan Bidang Kesbangpol dan Kardo Bidang IT.

Mengawali pertemuaan itu, Ketua PWI Lampung Barat Rifaie Arif memperkenalkan jajaran pengurus diantaranya ada 18 anggota biasa, 11 anggota muda, dan 7 calon anggota.

“Alhamdulillah total pengurus dan anggota kita saat ini terus bertambah dan sudah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) semua,” ucapnya.

Pihaknya berterimakasih atas kehadiran PWI Provinsi Lampung dalam agenda rapat kordinasi dan membahas beberapa kegiatan kedepan yang harus dijalani bersama.

“Semoga dengan kehadiran PWI Provinsi kesini bisa menambah stimulan dan wawasan atau pengetahuan bagi para pengurus dan anggota dalam menjalankan roda organisasi,” kata Rifai.

Baca Juga :  Pelatihan Penganggaran Berbasis Gender Berdampak Pada Pembangunan

“Mengingat saat ini mulai banyak bermunculan wadah profesi pers, namun kita tetap bisa solid dan maju bersama PWI,” sambungnya.

Sementara, Ketua PWI Provinsi Lampung Wirahadikusumah, menyampaikan terkait tujuan kedatangan pihaknya di Bumi Beguwai Jejama, utamanya terkait agenda besar yang bakal di hadapi PWI Lampung mendatang.

Seperti memperingati HUT Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dengan mengadakan IKWI Award serta Jalan Sehat.

“IKWI harus dihidupkan, untuk itu saya berharap semua Kabupaten Kota turut andil dalam acara tersebut,” ucapnya.

Selain itu lanjutnya, bukan hanya terkait agenda IKWI semata, melainkan PWI Lampung juga akan mengikuti agenda besar lainnya.

Yakni terkait Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) yang akan dilaksanakan di Malang, Jawa Timur, pada 21-27 November 2022 mendatang.

“Dalam agenda tersebut kita akan bersatu membawa nama baik Lampung dan harus memiliki target yang maksimal,” kata Wirahadikusumah.

“Untuk itu, kita semua harus mempersiapkan dengan matang khususnya para atlet yang akan diberangkatkan dalam gelaran tersebut,” tambahnya.

Baca Juga :  Usai Libur Sekolah, Siswa MIN 2 Lambar Hasilkan Sofa Ecobrick

Adapun terkait keanggotaan, Wirahadi Kusumah meminta PWI Lampung Barat untuk segera mendata ulang semua pengurus dan anggotanya.

Harapannya, bila masih terdapat anggota muda kiranya segera mengurus untuk menjadi anggota biasa, pun termasuk calon anggota agar dapat segera mengurus menjadi anggota muda.

Apalagi kata Wirahahadikusumah, kini pendataan anggota dan pengurus sudah dilakukan melalui digitalisasi, sehingga ia berpesan agar pengurus PWI Lambar yang telah ditunjuk sebagai admin dapat segera menginput data pada website PWI Lampung.

“Saya berpesan kepada semua jajaran pengurus dan anggota PWI Lambar untuk tidak menyalahi aturan dalam berorganisasi.
termasuk mampu memahami dan mengimplementasikan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD PRT) PWI dengan baik sehingga tidak ada lagi aturan-aturan yang dilanggar,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris PWI Lampung, Andi Panjaitan juga berpesan agar pengurus dan anggota tidak gagal paham dalam berorganisasi sehingga pengurus tidak berada di beberapa organisasi profesi yang sama.

Baca Juga :  Diskominfotik Lambar Sapa Petugas Radio Lewat Udara

“Fokus saja di PWI, mari kita bangun dan besarkan bersama-sama agar kita semua bisa secara maksimalkan berorganisasi di PWI ini,” singkatnya.

Ditambahkan Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan, Juniardi, pihaknya mengaskan bahwa Anggota PWI dilarang bergabung dengan organisasi profesi yang sama dan berbadan hukum.

“Misalnya PWI dan SMSI, kita sebagai anggota PWI boleh bergabung dengan SMSI jika kita adalah pemilik media. Karena SMSI itu adalah organisasi para pemilik media,”

“Tidak hanya itu, anggota PWI dilarang untuk bergabung dengan organisasi profesi pers lainnya yang berbadan hukum. PWI itu organisasi pers terbesar dan tertua, jadi berbanggalah bagi para insan pers yang telah bergabung menjadi pengurus dan anggota PWI,” pungkasnya.

(En/Pai)

Tulis Komentar