oleh

Tiket Candi Borobudur Naik, Rugikan Masyarakat

-Opini-177 Dilihat

SUDAH kita ketahui bahwa pada 5 juni 2022 kemarin bapak Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberitahu tentang kenaikan harga tiket masuk candi borobudur yang semula nya pengelola Candi Borobudur menetapkan tarif tiket masuk ke salah satu destinasi super prioritas tersebut sebesar Rp 25 ribu untuk pengunjung anak usia 3-10 tahun dan Rp 50 ribu dewasa, sementara harga tiket untuk WNA sebesar 25 dolar AS atau sekitar Rp 365 ribu per orang dewasa dan 12 dolar AS untuk anak-anak. Hingga sekarang di isukan tiket masuk candi borobudur menjadi Rp 750.000 untuk wisatawan lokal
Namun, kenaikan harga tiket candi borobudur mendatangkan banyak sekali Opini dan Kritik dari masyarakat sekitar bahkan masyarakat indonesia. Salah satu kritik yang diberikan masyarakat adalah Kejadian tersebut bisa saja akan mematikan UMKM disekitar Candi Borobudur seperti pedagang souvenir, karena sudah banyak orang yang salah paham, banyak masyarakat yang mengira masuk Candi Borobudur harus membayar 750 ribu, padahal jika hanya masuk ke area candi untuk berfoto cukup mengeluarkan uang sebesar 50 ribu.

Mengutip dari nasional.kompas.com, Luhut menjelaskan bahwa penetapan harga tiket masuk Candi borobudur sebesar Rp 750.000 perlu dilakukan untuk membatasi jumlah kunjungan. Ia menargetkan, dengan tiket masuk Borobudur yang baru, jumlah kunjungan wisatawan ke candi Budha itu 1.200 orang per hari. Sementara untuk wisatawan mancanegara, lanjut Luhut, bakal dikenakan tiket masuk Borobudur 100 dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 1.443.000 (kurs Rp 14.400) atau hampir dua kali lipat dari harga tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal.

“Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya US$100 untuk wisatawan mancanegara dan turis domestik sebesar Rp750 ribu. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja,” katanya dikutip dari akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Senin (6/6).

Dikabarkan juga bahwa Candi Borobudur mulai mengalami penurunan dan pengikisan yang diduga diakibatkan oleh adanya beban berlebih akibat kunjungan wisatawan. Sebelum pandemi Covid- 19, kunjungan wisatawan yang menaiki bangunan Candi Borobudur rata-rata sekitar 10 ribu orang per hari. Selama pandemi, pengelola menutup akses naik ke Candi Borobudur dan kunjungan wisatawan hanya terbatas sampai ke halaman candi. Itulah mengapa Luhut ingin membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari. Menurutnya, pembatasan pengunjung perlu dilakukan. Pasalnya, setiap tahun, jumlah wisatawan di Borobudur semakin berjubel di area yang terbatas, sehingga pengunjung tak dapat menikmati kunjungannya dengan nyaman.

Luhut menjelaskan, semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

“Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang,” kata luhut.

Memang jika dilihat dari tanggapan masyarakat yang beredar, banyak sekali yang tidak menyetujui rencana kenaikan harga tiket candi borobudur ini. Dan menurut saya akan banyak sekali akibat negatif yang disebabkan oleh kenaikan tiket borobudur ini seperti rakyat rakyat kecil beragama buddha yang kesulitan untuk beribadah disana karena harga yang terlalu tinggi. jika memang rencana kenaikan harga tiket borobudur ini akan tetap dilaksanakan, menurut saya akan ada lebih banyak lagi masyarakat yang melakukan protes besar. Oleh karena itu sebaiknya rencana tersebut tidak dilaksanakan dan bisa mencari solusi yang lebih baik.

Mengutip dari nasional.kompas.com, keputusan ini pun mendapatkan kritikan dari DPR. Mereka menilai kebijakan menaikkan tiket Borobudur saat ini belum tepat, sebab daya beli masyarakat masih rendah di fase endemi ini. Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Partai Demokrat Putu Supadma Rudana mengatakan kenaikan harga tiket tersebut bisa berdampak pada menurunnya jumlah wisatawan hingga berdampak pada ekonomi masyarakat di sekitar Candi Borobudur.

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menjelaskan secara detail mengenai wacana kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur tersebut. Tarif seharga Rp 750 ribu per orang bagi turis lokal hanya untuk menaiki Candi Borobudur.

“Sementara itu, itu kan tiket untuk naik ke candi. Tiket regulernya masih tetap sama untuk turis lokal Rp 50 ribu , untuk turis asing USD 25. Hanya tiket untuk ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja,” kata Edy dikutip dari Antara, Minggu 5 Juni 2022.

Edy menjelaskan penetapan harga naik ke candi atas dasar pertimbangan kuota 1.200 orang per hari dimaksudkan agar pengunjung yang ingin menaiki candi harus orang yang bersungguh-sungguh dan berkepentingan.

” (Prastiwi, 2022)ke candi karena dia sudah membayar mahal, saya kira dia akan sungguh- sungguh, dia akan belajar, dia akan mempelajari. Tapi kalau cuma foto-foto rugi kan bayar Rp750 ribu, di bawah saja. Karena ada aspek konservasi tadi,”

Mendengar opini dan kritikan serta masukan dari masayarakat luas, Luhut menjelaskan bahwa rencana untuk menaikan harga tiket candi borobudur belom menjadi keputusan final dan masih akan dibahas dan diputuskan oleh presiden. Oleh karena itu luhut akan meminta pihak-pihak terkait untuk segera mengkaji lagi supaya tarif itu bisa diturunkan.

Namun pada akhirnya luhut menegaskan lagi bahwa pemerintah menunda rencana kenaikan tarif tiket dan akan terus memperhatikan berbagai masukan dan saran dari masayarakat sebelum mengambil keputusan.

Rafi Hafizh Jauhari
S1 Digital Public Relations

Mahasiswa Semester IV Telkom University
Fakultas Komunikasi dan Bisnis

 

Sumber :

  • Farisa, F. C. (2022, juni 11). Polemik Kenaikan Tarif Candi Borobudur, Tuai Pro Kontra Berujung Ditunda.
    Retrieved from nasional.kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2022/06/11/10541241/polemik-kenaikan-tarif-candi- borobudur-tuai-pro-kontra-berujung-ditunda?page=all
  • Karunia, A. M. (2022, juni 6). Soal Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur, Luhut: Saya Mendengar Banyak Sekali Masukan. Retrieved from money.kompas.com: https://money.kompas.com/read/2022/06/06/070200026/soal-kenaikan-harga-tiket-candi- borobudur-luhut–saya-mendengar-banyak-sekali
  • Prastiwi, D. (2022, juni 6). 6 Fakta Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Jadi Rp 750 Ribu. Retrieved from www.liputan6.com: https://www.liputan6.com/news/read/4979677/6-fakta-tiket-masuk- candi-borobudur-naik-jadi-rp-750-ribu
Tulis Komentar