oleh

21 Siswa Ikut Uji Pramuka Garuda di SMPN 10 Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 21 Pramuka mengikuti Uji Pramuka Garuda di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Kota Bandar lampung, rabu (27/07/2022).

Uji Pramuka Garuda yang dilaksanakan di Aula UPT SMPN 10 Bandar Lampung ini, untuk mencapai tingkatan tertinggi dalam Pramuka.

Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) dan juga Kepala SMPN 10 Bandar lampung, Tahmin mengatakan, peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongan dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina Gugus Depan (Gudep) untuk dapat mengikuti uji kelayakan agar dapat naik ke tingkatan Garuda.

“Setelah mengajukan permohonan, kwartir akan mengevaluasi peserta didik tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan,” kata Tahmin.

Lalu, dari hasil evaluasi kwartir kepada peserta didik tentang kelayakan, peserta dapat mengikuti Uji Pramuka Garuda.

Baca Juga :  Wow, Uji KIR di UPT PKB Dishub Tak Sampai 5 Menit

“18 siswa SMPN 10, 2 siswa SMPN 11 dan 1 siswa SMPN Kartika II-2 (Persit) Bandar Lampung sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti Uji Pramuka Garuda,” jelasnya.

Setelah itu, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

“Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda,” terangnya.

Kemudian, jika dari 21 Pramuka yang mengikuti Uji Pramuka Garuda di SMPN 10 Bandar Lampung yang dinyatakan layak, maka dapat dilantik menjadi Pramuka Garuda.

“Sampai saat ini belum semua dinyatakan layak, karena kegiatan ini masih berjalan, tetapi perlu diketahui ada peserta Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka XI Tahun 2022 yang mengikuti uji pramuka garuda ini,” papar Tahmin.

Baca Juga :  Kabar Tak Sedap Dibalik Sukses Festival Mobil Hias

Jamnas XI sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur.

“2 siswa SMPN 10, 2 siswa SMPN 11 dan 1 siswa SMPN Persit Bandarlampung yang sedang menjalani ujian Garuda akan mengikuti kegiatan tersebut,” tukasnya.

Diketahui, Peserta Jamnas sudah melalui seleksi dan pelatihan yang dilakukan dari bulan Maret 2022 dan diseleksi oleh Kwarcab sebanyak 1 regu putra (8 orang) dan 1 regu putri (8 orang).

Peserta Jamnas dari SMPN 10 Bandar Lampung yang dimaksud adalah, Sofiyya Fitriani (Pemimpin Regu Putri Peserta Jamnas Kontingen Cabang B, Lampung dan Putra Rivaldi (Anggota Regu Putra Peserta Kontingen Cabang Bandar Lampung).

Penghargaan bagi Pramuka Garuda berbentuk medali, memiliki pita dengan warna pinggiran putih dan warna garis tebal di tengah merah, di ujung pita terdapat medali yang terbuat dari metal berbentuk segi lima bergambarkan Burung Garuda yang memiliki tunas kelapa di dadanya, dan memegang pita bertuliskan: “SETIA, SIAP, SEDIA” yang menggambarkan sikap yang dimiliki setiap Pramuka Garuda.

Baca Juga :  SMAN 1 Tuba Tengah Implementasikan Kurikulum Merdeka

Penghargaan Pramuka Garuda dapat dicopot apabila peserta didik terbukti melakukan tindakan yang bertentangan dengan Kode Kehormatan Pramuka, menyombongkan diri atas penghargaan tersebut, dan mencontohkan hal negatif kepada lingkungan sekitarnya.

Drs. Tahmin berharap, peserta yang mewakili Provinsi Lampung dalam Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur dapat menjaga nama baik sekolah, Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung pada umumnya.(RED/NCA)

Tulis Komentar